Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cek Pasar Soponyono, Gubernur Jatim Keluhkan Kurangnya Suplai Migor Curah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 27 Mei 2022, 01:52 WIB
Cek Pasar Soponyono, Gubernur Jatim Keluhkan Kurangnya Suplai Migor Curah
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat bersama Forkopimda mengecek Pasar Soponyono/Net
rmol news logo Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Forkopimda Pangdam V Brawijaya Nurcahyanto, Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta meninjau langsung Pasar Soponyono, Rangkut, Surabaya.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Khofifah ingin mengecek langsung harga dan distribusi minyak goreng (migor) di pasar tradisional usai kebijakan pelarangan ekspor CPO dan turunannya dicabut.

Hasil sidaknya, Khofifah menemukan harga minyak goreng curah yang sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 15 ribu perkilogram dan diatas HET di kisaran harga Rp 16 ribu.

"Jadi posisinya sudah mengalami penurunan dari harga yang pernah mencapai Rp 20.000 perkilo. Hari ini yang kita konformasi ada yang sesuai HET. Yang penting suplainya relatif mengalir, dalam artian ada yang harus order tiga hari sekali mereka bisa mendapat suplai migor," kata Khofifah Indar Parawansa, usai melakukan pengecekan migor bersama Pangdam dan Kapolda, Kamis (26/5).

Khofifah menjelaskan, total minyak goreng jenis curah di Jawa Timur hanya 34,5 ribu ton perbulan. Namun 10 industri minyak goreng yang ada di Jawa Timur hanya mampu memproduksi 19,2 ribu ton.

“Jadi masih ada kekurangan suplai yang lain sehingga dalam rapat kordinasi terus melakukan yang dipimpin Pak Menko Marves kami jajaran pemprov bersama pangdam dan kapolda coba memaksimalkan suplai minyak goreng supaya bisa terpenuhi. Karena dari 10 industri yang ada di jatim 19,2 ribu ton per/bulan ini migor," lanjut dia.

Secara keseluruhan dari monitoring Sinira (Sistem Informasi migor murah) yang terkonfirmasi 116 pasar tradisional pasar di jatim memang kisaran masih antara Rp 16.000 per kilo sampai Rp 16.500 sampai Rp 16.700 per kilo.

"Ini akan menjadi  bagian dari ikhtiar untuk meningkatkan suplai migor curah, kalau suplai lebih besar lagi HET Insya Allah akan lebih bisa merata. Jadi disini antar toko beda harga tapi menemukan toko yang sudah menjual HET Rp 15.500 per kilo untuk migor curah," tutup Gubernur Jatim ini.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA