Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Tak Kunjung Lunasi Biaya, 11 Calon Jemaah Haji Gresik Gagal Berangkat

LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 22 Mei 2022, 02:30 WIB
Tak Kunjung Lunasi Biaya, 11 Calon Jemaah Haji Gresik Gagal Berangkat
Ilustrasi jemaah haji Indonesia/Net
Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gresik memastikan ada 11 orang Calon Jemaah Haji (CJH) yang gagal berangkat pada 2022. Pasalnya, sampai batas waktu ditentukan tidak melakukan pelunasan biaya.

"Total jumlah CJH asal Gresik yang akan berangkat tahun ini, ada 1.042 orang dan terbagi dalam beberapa kelompok terbang (kloter). Namun, ada 11 orang yang dipastikan gagal berangkat," ujar Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Gresik, Lulus, kepada Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (21/5).

“Sebelas orang yang gagal berangkat itu, memang menunda keberangkatannya. Sedangkan kuota yang tak terisi atau kosong, otomatis diganti dengan jemaah cadangan,” tuturnya.

Sesuai jadwal, keberangkatan CJH asal Gresik adalah pada akhir Mei 2022 ini.

Lulus mengatakan, sosialisasi terkait batas waktu pelunasan biaya keberangkatan telah dilakukan kepada CJH yang dipastikan akan berangkat tahun ini.

"Batas waktu pembayaran adalah tanggal 20 Mei 2022 kemarin, namun sampai batas waktu yang ditentukan itu, sebelas orang itu tak kunjung melakukan pelunasan biaya," jelasnya.

"Tak hanya itu saja, pelunasan bagi CJH tidak serta merta bisa dilakukan. Sebab, masih ada syarat pelunasan yang bisa dilakukan dengan usia di bawah 65 tahun atau lahirnya maksimal tgl 30 Juni 1957,” pungkasnya.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA