Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Total Belum 30 Persen, Golkar Genjot Keterwakilan Perempuan di DPRD Purwakarta

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 18 Mei 2022, 15:27 WIB
Total Belum 30 Persen, Golkar Genjot Keterwakilan Perempuan di DPRD Purwakarta
Halal bi Halal pengurus Perempuan Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (PMKGR) Kabupaten Purwakarta/Ist
Keterwakilan perempuan pada lembaga legislatif di DPRD Kabupaten Purwakarta belum mencapai 30 persen.

Berdasarkan hasil Pileg 2019, keterwakilan perempuan hanya mampu sampai 28,18 persen atau 13 anggota legislatif perempuan dari 45 anggota DPRD Purwakarta.

Belakangan dari hasil PAW Partai Golkar, anggota dewan perempuan bertambah satu orang.

Meski hasil awalnya masih belum mencapai target keterwakilan 30 persen perempuan, namun persentase ini meningkat pesat dibandingkan hasil Pemilu 2014, yang hanya 10 perempuan yang jadi calon legislatif terpilih.

Demikian diungkapkan Ketua Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) Kabupaten Purwakarta, Enah Rohanah pada agenda Halal bi Halal jajaran pengurus Perempuan Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (PMKGR) Kabupaten Purwakarta, di Gedung Partai Golkar Purwakarta, di Jalan Veteran, Rabu (18/5).

"Kami optimis keterwakilan perempuan di lembaga legislatif pada Pemilu 2024 mendatang bisa lebih meningkat lagi. Karena kepemimpinan dan keterwakilan perempuan di bidang legislatif membawa angin segar bagi kualitas demokrasi di negara ini," kata Enah diberitakan Kantor Berita RMOLJabar.

Menurutnya, hari ini dari 11 anggota legislatif dari Partai Golkar di DPRD Purwakarta, 5 orang di antaranya perempuan termasuk hasil PAW.

"Artinya, di Partai Golkar ini sudah lebih dari 30 persen. Ke depan bukan tidak mungkin akan bertambah. Apalagi kami juga terus melakukan pembinaan pada sayap-sayap partai dan ormas lain untuk mencapai target tersebut," ucapnya.

Di sisi lain, Ketua DPD PMKGR Kabupaten Purwakarta, Evi Sovia Wardani memastikan akan berupaya mendukung langkah-langkah yang telah diputuskan oleh Partai Golkar.

Di PMKGR, kata dia, pembinaan, pemberdayaan sosial ekonomi terus dilakukan kepada para anggota dan pengurus PMKGR.

"Kami berharap PMKGR Purwakarta dapat mewarnai berbagai langkah dan strategi yang diambil Partai Golkar, baik dari sisi pengembangan di internal partai maupun dalam pembangunan Kabupaten Purwakarta secara umum," demikian Evi Sovia Wardani.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA