Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sambut Endemi, Binda Banten Akselerasi Vaksinasi untuk Kuatkan Kekebalan Komunal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 13 Mei 2022, 13:15 WIB
Sambut Endemi, Binda Banten Akselerasi Vaksinasi untuk Kuatkan Kekebalan Komunal
Kegiatan vaksinasi yang dilakukan Binda Banten/Ist
rmol news logo Badan Intelijen Negara (BIN) kembali akselerasi vaksinasi bagi masyarakat seusai masa libur panjang Idulfitri 1443 Hijiriah. Salah satu provinsi sasaran, adalah di wilayah Banten yang merupakan penyangga DKI Jakarta.

Dikatakan Kepala BIN Daerah Banten, Brigjen Hilman, kegiatan vaksinasi ini untuk mempercepat tercapainya target vaksin dosis pertama, kedua hingga dosis penguat atau booster.

"Kegiatan vaksinasi kita massifkan lagi, baik untuk menuntaskan dosis primer maupun untuk mempercepat kenaikan rasio dosis booster," ujar Brigjen Hilman dalam keterangannya, Jumat (13/5).

Terlebih, kata Hilman, Presiden Joko Widodo telah menegaskan bahwa kekebalan komunal atau herd immunity yang terbentuk melalui vaksinasi, menjadi salah satu parameter sebelum mengumumkan peralihan status pandemi menjadi endemi Covid-19.

“Tugas kita adalah memastikan capaian vaksinasi tercapai, kekebalan komunal semakin merata dan meningkat kualitasnya di semua wilayah di Banten. Inilah cara kita berkontribusi pada upaya Bangsa lepas dari pandemi," kata Hilman.

Hilman menyebutkan, salah satu sasaran Binda Banten dalam perluasan cakupan vaksinasi saat ini adalah anak-anak usia 6-11 tahun. Menurutnya, anak-anak berpotensi menjadi carrier yang dapat menimbulkan kluster baru di sekolah maupun di rumah.

“Anak-anak kita adalah generasi penerus yang akan menentukan masa depan kita pada 2045. Bahkan pada 2030 kita memiliki 60 persen penduduk di usia produktif. Mereka harus kita pastikan bisa terus tumbuh dengan sehat dan kuat. Mereka harus kita jaga dari risiko munculnya varian baru atau varian-varian lain yang nanti muncul,” terangnya.

Jenderal bintang satu ini juga meminta dukungan dari orang tua siswa untuk mengajak anaknya ke tempat pelayanan vaksinasi terdekat guna disuntik vaksin agar terhindar dari penyebaran virus Corona.

"Percepatan vaksinasi ini tidak lain bertujuan untuk mendukung proses belajar tatap muka agar dapat dilaksanakan secara penuh di sekolah di tengah pandemi Covid-19," pungkasnya.

Adapun kegiatan vaksinasi Binda Banten digelar di pusat kegiatan masyarakat. Seperti Sentra Vaksinasi Kota Tangerang Selatan di Mall Teraskota; Kantor Kelurahan Cimone, Tangerang; Puskesmas Pabuaran, Serang, dan Puskesmas Rajeg, Kabupaten Tangerang. Dosis yang disediakan rata-rata 2.000 perhari.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA