Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Minta Maaf Soal Anak-Anak yang Naik Sepatu Roda di Jalan Raya, Ketua Perserosi DKI: Mereka Perlu Bimbingan

LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA
  • Selasa, 10 Mei 2022, 17:40 WIB
Minta Maaf Soal Anak-Anak yang Naik Sepatu Roda di Jalan Raya, Ketua Perserosi DKI: Mereka Perlu Bimbingan
Ketua Porserosi Provinsi DKI Jakarta, Muhammad Sal, saat konferensi pers di kantor Subdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Pancoran, Selasa (10/5)/RMOLJakarta
Insiden sejumlah orang yang bersepatu roda di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu memaksa Ketua Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Perserosi) Provinsi DKI Jakarta, Muhammad Sal, meminta maaf kepada masyarakat.

Permintaan maaf itu disampaikan Sal di hadapan polisi saat konferensi pers di kantor Subdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Pancoran, Selasa (10/5).

"Apapun yang telah terjadi saya mohon maaf kepada semua yang memakai jalan raya terutama Wagub dan Gubernur yang sangat respons kepada (olahraga) sepatu roda ini," kata Sal, dikutip Kantor Berita RMOLJakarta.

Untuk memastikan hal ini tidak terulang lagi, para pemain atau atlet sepatu roda telah diberikan pemahaman dan edukasi tentang aturan berlalu lintas oleh pihak kepolisian sekaligus membuat surat pernyataan.

"Kami tidak akan ulangi lagi, kami akan buat pernyataan, BAP, dan serahkan pertanggungjawaban itu. Tolonglah, anak-anak kita perlu bimbingan dan arahan karena kalau diviralkan dan sebagainya kasihan, karena masih pelajar semua jadi ke depannya tolong bimbinglah kita," ujar Sal.

Adapun jumlah anak-anak yang bermain sepatu roda di jalan raya saat itu sebanyak 24 orang.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo, menyebut anak-anak yang menggunakan sepatu roda perlu dibina lebih lanjut.

Sebab, kegiatan ini, menurut Sambodo, sebenarnya sebuah kegiatan positif.

"Kegiatan ini positif, membina anak-anak muda untuk jadi atlet agar harumkan nama negara. Tapi mereka perlu bimbingan agar kegiatan terarah jadi tidak membahayakan sepatu roda dan pengendara lain," ucap Sambodo.

Rombongan warga yang bermain sepatu roda di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, menjadi viral melalui sebuah video yang diunggah di media sosial.

"Jalan Jakarta ini gak cukup cuma sepeda pleton. Skating pleton juga ada. Skating, di jalan raya. Rombongan. Ngilangin orang, marah kalau diklakson, bawa-bawa anak pula," tulis akun Twitter @pativ7 yang mengunggah video pengguna sepatu roda di jalan raya.

Dalam video berdurasi 45 detik itu tampak rombongan pemain sepatu roda dengan atribut lengkap. Rombongan juga terdiri dari beberapa anak kecil yang ikut meluncur di jalan raya.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA