Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Water Cannon Beraksi, Aksi Penolakan DOB Papua Dipaksa Bubar

LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 10 Mei 2022, 17:21 WIB
Water Cannon Beraksi, Aksi Penolakan DOB Papua Dipaksa Bubar
Massa demo tolak DOB dibubarkan paksa aparat gabungan/Repro
Aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh massa yang mengatasnamakan Petisi Rakyat Papua (PRP) di Jayapura, Selasa (10/5), berujung dengan pembubaran paksa oleh aparat gabungan. Pembubaran paksa dilakukan dengan menggunakan water cannon.

Melalui aksi ini, Petisi Rakyat Papua menyatakan penolakan terhadap pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua dan UU Otonomi Khusus, serta meminta referendum untuk rakyat Papua.

Dalam pantauan Kantor Berita RMOLPapua di lokasi, massa bergerak dan berkumpul dari beberapa titik di Kota Jayapura. Yaitu di daerah Expo, Perumnas 3 Waena, dan Kamkey.

"Kami tolak DOB dan Otsus di Papua karena itu adalah kepentingan pemerintah pusat. Kami minta referendum untuk menentukan nasib bangsa Papua," teriak massa aksi unjuk rasa di daerah Expo Waena.

Aparat gabungan tidak memberikan kesempatan bagi para demonstran yang ingin keluar dari beberapa titik penjagaan. Mereka terpaksa menggunakan gas air mata dan semprotan air water cannon untuk membubarkan massa pendemo.

Hingga berita ini diunggah, aparat gabungan masih tampak berjaga jaga di beberapa titik di Kota Jayapura. Belum diketahui pasti apakah ada korban dalam aksi ini, termasuk berapa orang yang telah diamankan.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA