Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terima Kunjungan Tokoh Adat, Kapolda Banten Siap Bantu Perluasan Kawasan Pertanian Adat Baduy

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 09 Mei 2022, 04:39 WIB
Terima Kunjungan Tokoh Adat, Kapolda Banten Siap Bantu Perluasan Kawasan Pertanian Adat Baduy
Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto menyambut kedatangan perwakilan suku Baduy yang bersilaturahmi ke rumah dinasnya/Repro
rmol news logo Puluhan masyarakat Baduy bertandang Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto di Rumah Dinas Kapolda Banten, Minggu (8/5). Kedatangan perwakilan masyarakat Baduy sekaligus silahturahmi masyarakat Baduy dengan Polda Banten.

Kedatangan perwakilan masyarakat Baduy tersebut disambut langsung Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto bersama Istri serta didampingi oleh Wakapolda Banten Brigjen Pol Ery Nursatari beserta perwakilan pejabat utama Polda Banten dan Kapolresta Serang Kota AKBP Maruli Hutapea.

Dalam kesempatan itu Rudy mengatakan kedatangan perwakilan masyarakat Baduy ke Rumah Dinasnya merupakan suatu penghormatan.

"Saya merasa terhormat sekali kehadiran para sesepuh dari adat Baduy dan ini merupakan suatu penghormatan bagi saya sebagai Kapolda Banten didatangi para sesepuh dan para Jaro di Rumah Dinas saya. Semoga silahturahmi ini tetap berjalan secara pribadi, saya tidak akan lupa dengan saudara-saudara di Baduy,” ujar Rudyr.

Saat ditemui, tokoh adat Baduy Jaro Saija mengucapkan terimakasih kepada Kapolda Banten yang telah menerima secara langsung kedatangan masyarakat Baduy di Rumah Dinasnya.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Kapolda Banten dan Ibu, yang telah menerima kami untuk bersilaturahmi dikediamannya,” ujar Jaro Saija.

Dalam kesempatan tersebut, Jaro Saija memberitahukan bahwa saat ini ada 17.600 jiwa Suku Baduy yang tinggal di Kanekes yang bekerja sebagai petani.

"Untuk memenuhi kebutuhan hidup, suku Baduy telah  meminta lahan perhutani yang ada di Desa Arjawana, Desa Pasirbitung kepada Menteri Kehutanan dan atas permintaan tersebut telah diberikan lahan Perhutani seluas 300 hektar yang akan dijadikan tanah ulayat untuk bercocok tanam,” ujar Jaro Saija.

Terkait dengan hal tersebut Jaro Saija meminta dukungan kepada Kapolda Banten.

"Kami masyarakat suku Baduy masih akan kembali meminta tambahan lahan dari perhutani yang berada di Desa Cibarani, Kecamatan Cirinten yang akan diberdayakan oleh Suku Baduy untuk berladang atas permintaan itu kami meminta dukungan kepada bapak Kapolda untuk membantu agar Pemerintah dapat memberi tambahan lahan,” tambahnya.

Terkait dengan permintaan tersebut Kapolda merespon baik dan akan mendukung.

"Menurut saya tambahan lahan 300 hektar memang kurang, saya mendukung penuh penambahan lahan berladang untuk Suku Baduy, bila dibutuhkan per surat maka kami akan siapkan,” demikian Rudy. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA