Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

60 Ribu Pemudik Belum Balik ke Jakarta, Menhub Minta Masyarakat Hindari Potensi Kemacetan di Hari Ini dan Besok

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 07 Mei 2022, 22:34 WIB
60 Ribu Pemudik Belum Balik ke Jakarta, Menhub Minta Masyarakat Hindari Potensi Kemacetan di Hari Ini dan Besok
Kepadatan kendaraan pemudik di salah satu gerbang tol/Net
rmol news logo Puncak arus balik mudik Idulfitri 1443 Hijriyah diperkirakan terjadi mulai hari ini hingga esok hari, Minggu (8/5). Pemerintah mencatat, ada sekitar 60 persen pemudik belum kembali ke Jakarta.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerangkan, 60 persen pemudik yang belum kembali ke Jakarta merupakan orang-orang yang pulang ke kampung halaman menggunakan fasilitas penyeberangan ke wilayah Sumatera, maupun pengguna jalur tol dari arah timur menuju Jakarta dan sekitarnya.

"Jumlah 60 persen yang belum kembali ini mengkhawatirkan. Pada arus mudik, dengan 37 ribu kendaraan dalam sehari, di Merak ada antrian sepanjang 10 Km. Kalau ini nanti lebih dari itu, katakan 45 ribu hingga 50 ribu kendaraan sehari, maka akan ada antrian dan tentu pelayanan menjadi tidak baik,” ucap Menhub saat meninjau Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Sabtu (7/5).

Budi mengatakan, pemerintah telah memberikan izin bagi masyarakat yang bekerja untuk mengambil cuti setelah tanggal 8 Mei 2022 dan juga kepada anak sekolah untuk sekolah melalui daring. Untuk itu, dia meminta masyarakat untuk mengikuti anjuran pemerintah agar perjalanan kembali ke Jakarta bisa lebih nyaman.

Lebih lanjut Menhub menjelaskan, untuk mengantisipasi lonjakan arus balik dari Sumatera ke Jawa melalui penyeberangan, telah disiapkan tujuh dermaga di Bakauheni dan juga tambahan empat dermaga di Pelabuhan Panjang dan BBJ. Selain itu, jumlah kapal juga ditambah dari semula 45 kapal menjadi 63 kapal.

Sementara itu, untuk mengantisipasi lonjakan di jalur tol dari Semarang ke arah Jakarta, telah disiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas baik One Way, Contra Flow, Ganjil Genap, maupun pembatasan angkutan barang sumbu tiga atau lebih. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA