Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hari Ini Puncak Arus Balik Kereta Api, Sudah 111.700 Penumpang Tiba di Jakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 06 Mei 2022, 16:05 WIB
Hari Ini Puncak Arus Balik Kereta Api, Sudah 111.700 Penumpang Tiba di Jakarta
Pemudik yang menggunakan moda transportasi kereta api/Net
rmol news logo Pemudik Idulfitri 1443 Hijriyah yang menggunakan moda transportasi Kereta Api Indonesia (KAI) sudah mulai melakukan arus balik. Di Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta, PT KAI mencatat puncak arus balik terjadi pada Jumat ini (6/4).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Untuk Jumat 6 Mei 2022 terdapat sekitar 39.300 penumpang yang datang di area daop 1 Jakarta," ujar Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa dalam keterangan tertulisnya kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (6/5).

Eva menjelaskan, berdasarkan data kedatangan pada masa angkutan lebaran untuk Daop 1 Jakarta, volume penumpang yang datang pada hari ini mengalami kenaikan tertinggi.

"Adapun sejak tanggal 4 sampai dengan 6 Mei 2022 sudah terdapat 111.700 penumpang yang tiba di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Jakarta Kota, Bekasi, dan Cikampek," paparnya merinci.

Sesuai aturan dari pemerintah, kapasitas yang ditetapkan untuk KA Jarak Jauh bagi pemudik lebaran yaitu 100 persen, khususnya pada kurun waktu H-10 hingga H+10 Lebaran atau 22 April sampai dengan 13 Mei 2022.

"Adapun pada periode 22 April sampai 6 Mei 2022 sebanyak 485.200 tiket terjual untuk keberangkatan dari Daop 1 Jakarta," imbuhnya.

Pada periode tersebut, lanjut Eva, area Daop 1 Jakarta mencatat sebanyak 64 perjalanan KA Jarak Jauh per hari sudah beroperasi, dengan kapasitas tempat duduk yang disediakan rata-rata 37.400 per hari.

"Tujuan perjalanan yang banyak dipilih pengguna diantaranya tujuan Yogyakarta, Solo, Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Tegal, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon, dan Bandung," katanya.

Meksi sudah terjadi puncak arus balik lebaran, KAI Daop 1 Jakarta mencatat kemungkinan peningkatan kedatangan penumpang masih akan terjadi hingga 10 Mei 2022.

Karena itu, Eva memastikan seluruh penumpang yang sudah dan akan tiba memenuhi persyaratan untuk perjalanan penumpang kereta api karena telah dilakukan pemeriksaan di stasiun awal keberangkatan.

"Sehingga pada saat tiba di stasiun tujuan penumpang tidak melalui proses pemeriksaan berkas kembali," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA