Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tak Sekadar Healing, Para Wisatawan Dituntut Ikut Jaga Kelestarian Alam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 06 Mei 2022, 02:37 WIB
Tak Sekadar <i>Healing</i>, Para Wisatawan Dituntut Ikut Jaga Kelestarian Alam
Ilustrasi/Net
rmol news logo Kebutuhan berwisata di momen liburan lebaran menjadi sebuah urgensi bagi sebagian besar masyarakat. Tujuannya sudah pasti untuk membuat suasana menjadi fresh, menghilangkan penat, atau sekadar menghibur diri bersama keluarga maupun kerabat.

Tak heran, di momen liburan Lebaran seperti saat ini hampir semua kawasan destinasi wisata dipenuhi masyarakat. Membuat jalanan menjadi macet.

Namun demikian, diingatkan Ketua Asosiasi Ilmuan Praktisi Hukum Indonesia(Alpha) Azmi Syahputra, berwisata ke alam bebas maupun tempat lain harus diimbangi dengan kesadaran menjaga alam dan sikap bertanggung jawab dari seluruh wisatawan.

"Jadi wisatawan tidak hanya berfokus menikmati destinasi wisatanya saja, namun berkewajiban menjaga kelestarian alam, tidak membuat kotor, merusak fasilitas umum. Melainkan memberikan sikap positif terhadap warga lokal serta menghargai kearifan lokal warga masyarakat di daerah tersebut," ucap Azmi melalui keterangannya, Kamis malam (5/5).

Melalui kegiatan wisatawan ini, diharapkan bisa menggerakkan usaha kepariwisataan. Dan yang lebih utama, imbuhnya, menjadi stimulus positif yang menumbuhkan kepedulian serta kecintaan terhadap alam.

Lebih lanjut, Azmi menuturkan, penggunaan alam sebagai sarana rekreasi dan hiburan perlu sikap bijak tiap orang lewat komitmen serta tindakan yang bertanggung jawab yang dapat menjaga kelestariannya.

Pastikan tidak ada perbuatan yang merusak fasilitas objek wisata alam, menjaga kebersihan, menjaga keberlangsungan alam, dan pastikan sampah dan limbah dibuang pada tempatnya.

"Jangan sampai ada pencemaran lingkungan," tegasnya,"karena bila ini terjadi dan dibiarkan akan merusak ekosistem dan dapat  membahayakan wisatawan lainnya maupun satwa yang tinggal di sekitar tempat wisata tersebut."

"Oleh karena itu kelestarian, kebersihan tempat wisata, dan pembangunan kepariwisataan berkelanjutan bukan hanya menjadi tanggung jawab pengelola dan warga setempat saja,  namun tanggungjawab setiap wisatawan," demikian Azmi Syahputra. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA