Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Penuh Sampah Selama Libur Lebaran, Keindahan Danau Ranau Langsung Menguap

LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 05 Mei 2022, 06:12 WIB
Penuh Sampah Selama Libur Lebaran, Keindahan Danau Ranau Langsung Menguap
Sampah plastik berserakan di objek wisata Danau Ranau/RMOLSumsel
Objek wisata Danau Ranau di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan, kini dalam kondisi menyedihkan. Penuh sampah yang mengapung tepat di pinggiran danau yang sebelumnya menjadi lokasi even nasional Sriwijaya Ranau Gran Fondo (SRGF).

Dalam pantauan Kantor Brita RMOLSumsel di lokasi, Rabu (4/5), Danau Ranau yang menjadi tempat wisata primadona bagi warga yang memanfaatkan libur Idulfitri tak indah lagi.

Keindahan danau seakan menguap lantaran tercemar limbah sampah plastik yang berserakan. Mulai dari areal parkir dan pinggiran danau terlihat banyak sampah plastik yang menumpuk.

"Sejak merebaknya pandemi Covid-19, sudah lama kami tidak mudik dan liburan ke Danau Ranau. Tapi sayang pemandangannya tidak seindah dulu karena sudah tercemar oleh banyaknya sampah," ujar Hengki salah satu warga yang mudik ke kampung halaman di Desa Banding Agung.  

"Sangat disayangkan sekali lokasi yang seindah ini dipadati sampah," imbuhnya.

Terkait pengendalian sampah, sebelumnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sudah mengeluarkan surat edaran nomor 3/MENLHK/PSLB3/PLB. 0/4/2022 tanggal 14 April ke seluruh pemerintah daerah.

Bahkan surat itu sudah diteruskan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan ke seluruh daerah tertanggal 28 April 2022 lalu. Namun sayang hal itu tidak diindahkan oleh pemerintah daerah Kabupaten OKU Selatan.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA