Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Bersama Tiga Menteri, Gubernur Lampung Tinjau Kesiapan Pelabuhan Panjang Menyambut Arus Balik

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 04 Mei 2022, 17:31 WIB
Bersama Tiga Menteri, Gubernur Lampung Tinjau Kesiapan Pelabuhan Panjang Menyambut Arus Balik
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Pelabuhan Panjang/Ist
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi lakukan persiapan dengan matang untuk menyambut arus balik Idulfitri 1443 Hijriah. Salah satunya, dengan meninjau Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung, Rabu (4/5).

Tidak sendirian, Arinal berada satu rombongan dengan tiga anggota kabinet, yakni Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Diberitakan Kantor Berita RMOLLampung, mereka meninjau langsung proses persiapan muat penumpang ke KM Ciremai yang dapat mengangkut 2.500 penumpang dan 1.250 unit motor.

Selama masa mudik ini, Kapal Pelni KM Ciremai akan melayani penumpang yang akan menyebrang dari Pelabuhan Panjang ke Pelabuhan Ciwendan Banten, begitu juga sebaliknya dengan jarak tempuh sekitar 3,5 jam.

Arinal mengatakan, peninjauan ini dilakukan guna mengantispasi dan mengurai lonjakan pemudik pada masa arus balik. Sehingga pemudik dapat lebih nyaman saat perjalanan.

Ketua Golkar Lampung itu berharap, pelabuhan yang terletak di Kota Agung, Tanggamus bisa segera beroperasi sehingaa dapat mengangkut pemudik yang menuju kearah Bengkulu.

Sementara itu, Menko PMK Muhadjir mengatakan, adanya jalur alternatif mudik di Pelabuhan Panjang ini merupakan tindak lanjut rapat evaluasi mudik yang digelar 2 hari yang lalu.

Bagi dia, dengan adanya jalur alternatif ini diharapkan pada pemudik dapat benar-benar terlayani dan lebih nyaman saat arus balik ini.

Ditambahkan Menhub Budi, Pelabuhan Panjang relatif lebih dekat dengan masyarakat yang tentu dapat menjadi alternatif pengurai pemudik kearah Bakauheni yang akan menuju ke Pulau Jawa.

"Nantinya akan ada 8 kapal yang akan melayani penyebrangan ke Pelabuhan Ciwendan. Sehingga diharapkan, bisa mengurangi lonjakan pemudik yang ada di Pelabuhan Bakauheni," kata Budi.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA