Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sudah Rayakan Idulfitri. Pengikut Jamaah Syattariah Diminta Hormati yang Masih Berpuasa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 01 Mei 2022, 01:27 WIB
Sudah Rayakan Idulfitri. Pengikut Jamaah Syattariah Diminta Hormati yang Masih Berpuasa
Shalat Idulfitri di Nagan Raya, Acef/Ist
rmol news logo Ribuan pengikut Tarekat Syattariah atau Abu Habib Muda Seunagan melaksanakan Idulfitri 1443 Hijriah pada Sabtu (30/4). Mereka telah melaksanakan shalat Ied di Masjid Jamik, Gampong Peuleukung, Kecamatan Seunagan Timur, Nagan Raya, Aceh.

Penerus keluarga besar Abu Habib Muda Seunagan, Abu Said Kamaruddin, menjadi imam dalam shalat ini. Shalat tersebut juga diikuti oleh sejumlah warga luar Nagan Raya. Mereka datang dari Aceh Barat, Aceh Barat Daya, dan Gayo Lues. Daerah-daerah itu berbatasan langsung dengan Nagan Raya.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh, Teuku Raja Keumangan (TRK) mengatakan, jamaah Syattariyah Habib Muda Seunagan melaksanakan ibadah puasa Ramadan selama 30 hari.  

“Berdasarkan hitungan puasa selama sebulan penuh, maka pelaksanaan shalat hari Idulfitri ditetapkan hari, melalui musyawarah pimpinan dayah pengikut Abu Habib Muda Seunagan," jelas Raja Keumangan, dikutip Kantor Berita RMOLAceh.

Sebagai salah satu pengikut, TRK menegaskan kepada jamaah lainnya agar tetap patuh dan taat dengan amanah Abu Habib Seunagan. Mereka juga diminta untuk tetap melaksanakan ketentuan sesuai perintah agama dan menjauhi semua larangan.   

TRK juga meminta para jamaah menghargai umat muslim yang masih berpuasa hingga Minggu ini (1/5). Mereka diminta untuk tidak makan dan minum di tempat umum sebagai bentuk penghormatan kepada warga lain yang masih berpuasa.

Jamaah Syattariah lain, yang melaksanakan Idulfitri pada Sabtu ini, juga menggelar shalat Ied di daerah masing-masing. Selain di Nagan, shalat hari raya ini dilaksanakan di Gampong Lek Lek, Kecamatan Panton Reu, Aceh Barat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA