Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tinjau Operasi Ketupat 2022, Kompolnas Sampaikan Permintaan Khusus pada Polda Banten

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 27 April 2022, 22:58 WIB
Tinjau Operasi Ketupat 2022, Kompolnas Sampaikan Permintaan Khusus pada Polda Banten
Anggota Kompolnas Irjen Pol Pudji Hartanto saat meninjau Operasi Ketupat 2022 di Banten/Ist
rmol news logo Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) melakukan peninjauan lapangan pada pelaksanaan Operasi Ketupat 2022 di wilayah Polda Banten.

Anggota Kompolnas Irjen Pol Pudji Hartanto yang melakukan peninjauan bersama Komisioner Kompolnas Moh. Dawam, meminta sejumlah hal kepada Polda Banten terkait operasi tersebut. Salah satunya, penguatan koordinasi lintas polda.

"Berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya terkait situasi lonjakan arus penumpang dan kendaraan yang menuju Banten akan menyebrang ke Lampung," ujar Pudji dalam keterangannya, Rabu (27/4).

Lebih lanjut, Pudji juga meminta Polda Banten melaksanakan manajemen lalu lintas yang telah diberikan Kepala Korlantas Irjen Firman Shantyabudi.

Dia pun mengimbau jajaran selalu berkoordinasi dengan stakeholder terkait kondisi di lapangan agar pemantauan semakin baik.

Termasuk juga, masih kata Pudji, personel lapangan yang bertugas dapat diberikan semacam apresiasi pada kinerjanya selama pelaksanaan Operasi Ketupat 2022.

"Memberikan reward and punishment kepada anggota secara objektif dengan waskat yang ketat. Bersikap humanis simpatik dalam pelaksanaan tugas termasuk bila temui pelanggaran lalu lintas," tuturnya.

Sementara itu, Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho menjelaskan situasi penyebrangan di Pelabuhan Merak. Dia mengatakan, pihaknya menyiapkan 64 unit kapal hingga menggelar Pos Pengamanan.

"Sebanyak 59 kapal reguler beroperasi di 6 dermaga. Lima kapal pelayanan ekspres di dermaga. Ke 64 kapal tersebut siap beroperasi dengan waktu tempuh dipercepat, termasuk waktu bongkar muat," imbuhnya.

"Serta menggelar sejumlah Pos Pam 42, Pos Yan 7, dan pos terpadu satu yang di tempatkan strategis guna antisipasi situasi kamtibmas dan situasi kamtibcar lantas baik untuk arus mudik atau balik serta tempat wisata," demikian Rudy.

Adapun manajemen operasional Operasi Ketupat 2022 Polda Banten di antaranya melancarkan arus lantas mudik dan balik, penyebrangan dari Pelabuhan Merak-Bakauheni, hingga pengamanan daerah wisata Merak-Anyer-Carita. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA