Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ketua MUI Jakarta Dijadwalkan Jadi Khatib Shalat Idulfitri di JIS

LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 27 April 2022, 08:25 WIB
Ketua MUI Jakarta Dijadwalkan Jadi Khatib Shalat Idulfitri di JIS
Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara/Net
Sebanyak 6 hingga 8 ribu jemaah diperkirakan akan membanjiri Shalat Idulfitri 1443 Hijriyah yang digelar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kepala Bagian Mental Spiritual Biro Pendidikan dan Mental Spiritual (Dikmental) Sekretariat Daerah (Setda) DKI Jakarta, Aceng Zaeni menjelaskan bahwa pihaknya menunjuk Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Muhammad Cholil Nafis sebagai khatib dalam Shalat Ied tersebut.

Sementara untuk mengantisipasi jemaah yang datang, pihaknya akan memanfaatkan area concord selatan. Dikatakan Aceng, area selatan diperkirakan bakal mampu menampung hingga 14 ribu jemaah.

“Bila jumlah jemaah yang hadir lebih dari itu, bagian ramp timur JIS juga bakal difungsikan sebagai area shalat,” tuturnya seperti diberitakan Kantor Berita RMOL Jakarta, Rabu (27/4).

Sedangkan untuk mengakomodir kendaraan jemaah, area parkir JIS siap menampung hingga 1.295 kendaraan roda empat. Kemudian area lahan ITF akan disiapkan menjadi parkiran kendaraan roda dua dengan kapasitas hingga 1.100 motor.

Selain itu, area parkir kawasan pertokoan, kampus UNTAG dan Hotel Arcici juga bakal dimanfaatkan menampung kendaraan jemaah bila lokasi yang telah disiapkan tidak memadai.

Aceng mengimbau bagi jemaah yang akan melaksanakan Salat Idul Fitri di JIS untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) seperti menggunakan masker, membawa sajadah sendiri, kantong sandal ramah lingkungan dan tumbler. Pihaknya juga memastikan tidak menyediakan tempat penitipan sandal/sepatu.

"Sebaiknya jemaah sudah wudhu dari rumah, tidak menggunakan koran bekas sebagai alas dan tidak membawa minuman kemasan plastik sekali pakai agar tidak mengotori setelah pelaksanaan salat," tandasnya.

ARTIKEL LAINNYA