Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

NUPro Persembahkan "Musyahadah Cinta" Gus Sastro

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 27 April 2022, 01:56 WIB
NUPro Persembahkan "Musyahadah Cinta" Gus Sastro
Konferensi pers Musyahadah Cinta yang digelar NUPro, Selasa (26/4)/Ist
rmol news logo Tidak sedikit orang yang menganggap musik hanyalah sumber kesenangan. Karena mereka hanya menganggap musik adalah kesenian dan seorang pemusik adalah penghibur belaka.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Namun hanya sedikit yang menyadari bahwa musik sebagai sesuatu yang amat sakral dari segala bentuk kesenian. Lihat saja, sesuatu yang tak bisa dinyatakan pelukis, bisa dijelaskan oleh penyair melalui rangkaian kata.

Sesuatu yang sulit dinyatakan penyair, ternyata bisa dijelaskan secara gamblang oleh musisi dengan lagu dan musiknya.

"Sudah masyhur di kalangan para sufi, bahwa musik tidak semata bunyi-bunyian. Ia adalah ekspresi keharmonisan yang melimpah ruah dari seluruh alam semesta. Hal inilah kemudian menjadi rahasia dan kekuatan bagaimana musik mampu menyentuh kalbu pendengarnya menuju satu tujuan, Sang Pencipta," kata Sekretaris PP Pagar Nusa, Gus Sastro Adi, pada konferensi pers di Lokananta, Selasa (26/5).

Turut hadir dalam konferensi pers antara lain Ning Wafiq Azizah; tokoh Pemuda Solo, Gus Sigit; dan Direktur NUPro, Gatot Supriyanto.

Musik juga, ia melanjutkan, kesenian surgawi. Dari musik yang dicipta oleh sosok yang mampu menembus dimensi spiritual, musik bisa membawa siapa saja yang mendengarkannya dapat bebas melihat Tuhan dari segala bentuk dan penjuru pemikiran.

Adalah Sastro Adi, musisi sekaligus ​​aktivis Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia (Lesbumi) PBNU, yang purnamenembus dimensi spiritual pada lagu-lagu dan musiknya. Sosok yang mewakafkan dirinya mencipta lantunan lagu serta musik yang mampu menggetarkan sanubari.

Menuntun setiap telinga yang mendengarkannya mengaktifkan syaraf-syaraf ketauhidan menuju dimensi ketuhanan yang begitu dalam.

"Suluk Musyahadah Cinta Gus Sastro Adi adalah konser dan bentuk apresiasi kecil terhadap mahakarya yang bertumpu pada rasa cinta kepada Allah dan Nabi Muhammad. Tajuk konser yang akan digelar pada Rabu, (27/5) di Taman Sunan Jogo Kali Surakarta ini diambil dari salah satu lagu Gus Sastro, 'Musyahadah Cinta'. Konser ini juga bisa disaksikan secara live di channel YouTube NUPro," paparnya

Gus Sastro menjelaskan, Musyahadah Cinta sejatinya adalah kisah perjalanan tauhid seorang hamba menuju Tuhannya.

Sebuah keniscayaan dalam mencari Tuhan, sebelum ia mengenal jati diri dalam fitrah sesungguhnya, barulah ia akan menemukan begitu dekatnya Tuhan, bahkan melebihi cinta dan hidup itu sendiri. Sebagaimana digambarkan pada permulaan lirik lagu, Man arafa nafsahu faqad arafa rabbahu.

"Suluk 'Musyahadah Cinta' juga akan dimeriahkan oleh Wafiq Azizah, Ega HQ, Abdullah Wong, Dadang W Saputra, dan NU Light Orchestra," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA