Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Cegah Peredaran Narkoba di Lapas, Kanwil Kumham DKI Gelar Razia Serentak

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 21 April 2022, 23:16 WIB
Cegah Peredaran Narkoba di Lapas, Kanwil Kumham DKI Gelar Razia Serentak
Razia serentak oleh jajaran Kanwil Kumham DKI Jakarta/Net
Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta turut berpartisipasi dalam rangka menyelenggarakan upaya pencegahan dan penindakan serta peredaran narkoba di Lapas dan Rutan di wilayah DKI Jakarta. Komitmen ini merupakan implementasi dari Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58.

Razia serentak ini dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun, beserta Para Pimpinan Tinggi Pratama serta Para Kepala Lapas dan Rutan di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Kamis (21/4).

Dimulai serentak pukul 19.00 WIB, pelaksanaan razia dibagi menjadi 3 Tim Pemantau Monitoring. Tim pertama dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah beserta Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM yang menyambangi Rutan Kelas I Cipinang, Lapas Kelas I Cipinang, Lapas Kelas IIA Narkotika dan RS Pengayoman. Kepala Divisi Pemasyarakatan memimpin Tim kedua di Lapas Kelas IIA Salemba dan Rutan Kelas I Jakarta Pusat.

Adapun Tim terakhir dipimpin oleh Kepala Divisi Administrasi yang memantau Lapas Perempuan Kelas IIA Jakarta dan Rutan Kelas I Pondok Bambu.

Tidak hanya jajaran internal Pemasyarakatan, pelaksanaan sidak kali ini juga melibatkan Aparat Penegak Hukum terkait yaitu Kepolisian RI, Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Badan Narkotika Nasional (BNN) RI.

“Kita memiliki kewajiban yang sama dengan seluruh Unsur Pemasyarakatan di Indonesia ini,” ujar Ibnu.

Adapun kegiatan razia serentak ini tak hanya dilakukan oleh Kanwil Kumham DKI Jakarta saja, melainkan diselenggarakan pada Lapas dan Rutan di seluruh
Indonesia.

Terakhir, Ibnu Chuldun menyampaikan kepada seluruh jajaran untuk menjalankan tugas ini dengan penuh tanggung jawab. Beliau pun berharap pernyataan sikap yang telah dideklarasikan bersama pada Bulan Maret lalu dapat terimplementasikan dengan baik.

“Tunjukkan bahwa seluruh petugas Pemasyarakatan penuh humanis,” tutup Ibnu Chuldun.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA