Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Airlangga Hartarto: Al Qur’an Pedoman Moral untuk Jalani Kehidupan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 18 April 2022, 17:43 WIB
Airlangga Hartarto: Al Qur’an Pedoman Moral untuk Jalani Kehidupan
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat memperingati nuzulul quran dan buka bersama/RMOL
rmol news logo Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang di mana pertama kalinya diturunkan (Nuzul) kitab Al-Qur'an pada 17 Ramadhan sebagai petunjuk untuk manusia. Petunjuk itu untuk pembeda antara yang haq dan batil.

Demikian disampaikan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dalam sambutannya di acara Buka Puasa Bersama dan Nuzulul Qur'an di Masjid Ainul Hikmah, DPP Partai Golkar, Jakarta, Senin (18/4).

"Bagi kita umat Islam, Al-Qur'an tentu harus dijadikan pedoman utama guna menjalani kehidupan keagamaan kita," ucap Airlangga.

Airlangga menuturkan, kitab suci Al-Qur'an merupakan petunjuk dari Allah SWT untuk membedakan mana yang haq dan mana yang batil, atau mana kebaikan dan mana keburukan.

"Al-Qur'an adalah pedoman moral yang menjadi inspirasi kita dalam melangkah hidup kita yang lalui," katanya.

Airlangga menambahkan, momen Nuzulul Qur'an yakni 17 Ramadhan, banyak hikmah yang bisa dipetik dari peristiwa bersejarah dalam agama Islam tersebut.

"Betapa dalamnya hikmah dari Nuzulul Quran dan betapa agungnya nilai yang dikandung dalam spirit Al-Qur'an, kita dituntut untuk memiliki kesadaran literasi yang tinggi guna membangun umat dan bangsa," tuturnya.

Agama Islam, masih kata Airlangga, sangat mendorong para umatnya untuk menguasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang membawa manfaat dan kemajuan. Itu tercermin dari ayat Pertama yang diturunkan yakni Surah Al-Alaq yang berbunyi "Iqra' bismirabbikalladzi khalaq".

"Kita sebagai bangsa Indonesia memiliki jumlah penduduk Islam terbesar di dunia, dan sebagai bangsa yang mewarisi intelektualitas dan peradaban, baik dari barat, timur, dan Islam menunjukkan sebagai bangsa yang berperadaban," ujarnya.

"Kita harus menunjukkan kepada dunia bahwa Islam di Indonesia, Islam yang toleran, moderat, hidup rukun dengan kemajemukan bangsa," demikian Airlangga.

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekjen Partai Golkar Lodewijk F Paulus, Senior Partai Golkar Akbar Tandjung dan pengurus serta kader Golkar lainnya.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA