Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Jakarta, Tak Semua Kelurahan Miliki Puskesmas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 15 April 2022, 17:15 WIB
Di Jakarta, Tak Semua Kelurahan Miliki Puskesmas
Puskesmas Lebak Bulus, Jakarta Selatan/Net
rmol news logo Ternyata masih ada kelurahan di Jakarta yang belum memiliki Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Setidaknya ada 15 kelurahan di Jakarta yang belum memiliki Puskesmas. Meskipun beberapa di antaranya masuk dalam kawasan padat penduduk.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Widyastuti, berjanji akan secepatnya melakukan kajian terhadap 15 kelurahan yang belum memiliki Puskesmas.

“Jadi memang ada beberapa kelurahan yang belum memiliki puskesmas, akan kita kaji ulang, kalau memang layak, akan jadi perhatian kita,” katanya seperti dikutip Kantor Berita RMOLJakarta, Jumat (15/4).

Dijelaskan Widyastuti, untuk membuat Puskesmas harus melalui kajian konsep kewilayahan yang matang. Salah satunya harus memenuhi syarat memiliki minimal 30 ribu penduduk di kelurahan tersebut.

“Jadi membuat Puskesmas itu memang harus ada konsep kewilayahan dengan minimal ada jumlah penduduk. Kalau hanya 6 ribu dan sekitarnya gedung perkantoran itu belum memenuhi syarat pembuatan Puskesmas,” tandas Widyastuti.

Adapun 15 kelurahan di DKI yang belum memiliki Puskesmas adalah Kelurahan Duri Selatan, Kelurahan Jembatan Lima, Kelurahan Karanganyar, Kelurahan Tangki, Kelurahan Gambir, Kelurahan Gunung Sahari Selatan, Kelurahan Cikini, dan Kelurahan Senen.

Kemudian Kelurahan Glodok, Kelurahan Gondangdia, Kelurahan Kebon Kacang, Kelurahan Kemayoran, Kelurahan Cipedak, Kelurahan Karet Semanggi, dan Kelurahan Kebayoran Lama Selatan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA