Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

BNPB- Alumni Universitas Telkom Buka Peluang Kerja Sama Riset Kebencanaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Sabtu, 09 April 2022, 14:18 WIB
BNPB- Alumni Universitas Telkom Buka Peluang Kerja Sama Riset Kebencanaan
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto/Net
rmol news logo Kerja sama sektor riset terkait kebencanaan sedang digodok antara Forum Alumni Universitas Telkom (Fast) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Presiden FAST, Sri Safitri berharap kerja sama tersebut bisa segera terealisasi lantaran Universitas Telkom memiliki fasilitas dan dukungan teknologi digital yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan tersebut.

“FAST ingin menjembatani kampus dengan BNPB untuk peluang riset di bidang kebencanaan," ungkap Sri Safitri dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (9/4).

Sejak pandemi Covid-19, Universitas Telkom telah melakukan penelitian dan inovasi berkaitan dengan penanggulangan bencana. Mereka membuat sistem pendeteksi dan recovery bencana, prediksi dan simulasi tsunami, dan artificial intelligence (AI) untuk  mendeteksi tinggi permukaan laut.

“Kami juga membuat alat desinfektan ruangan berbasis UAV (Unmanned Aerial Vehicle) atau robot, dan telah dihibahkan ke wisma atlet juga pemerintah," sambung Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Telkom, Angga Rusdinar.

Adapun peluang kolaborasi ini disambut baik Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto. Menurutnya, penanggulangan bencana di Indonesia bukan hanya Covid-19, tapi juga kebakaran hutan dan lain-lain.

Dalam mengoptimalkan tindakan pencegahan dan penanggulangan bencana, BNPB mengakui penerapan teknologi sangat penting.

“Maka dari itu, jika kita menggunakan teknologi untuk mendeteksi titik api, saya pikir kita bisa melakukan tindakan pencegahan lebih efektif dan efisien sebelum api tersebut menjadi besar dan membakar hutan," tutur Suharyanto. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA