Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pangdam Mulawarman Dukung Rencana Gamki Apel Kebangsaan di Titik Nol IKN Nusantara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 07 April 2022, 05:35 WIB
Pangdam Mulawarman Dukung Rencana Gamki Apel Kebangsaan di Titik Nol IKN Nusantara
Panitia Nasional Dies Natalis ke-60 GAMKI bertemu Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso/Ist
rmol news logo Panitia Nasional Dies Natalis ke-60 GAMKI bertemu Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso di Markas Kodam Mulawarman.

Dalam pertemuan, Sekretaris Umum DPP GAMKI Sahat Martin Philip Sinurat menjelaskan tentang tujuan pelaksanaan Apel Kebangsaan dan Dies Natalis ke-60 GAMKI yang dipusatkan di Kalimantan Timur.

"GAMKI melaksanakan Dies Natalis dan Apel Kebangsaan sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah yang melakukan pemindahan IKN Nusantara ke Kalimantan Timur. Dan kita juga meneruskan harapan dan aspirasi dari masyarakat untuk ikut merasakan pembangunan dan pengembangan IKN," kata Sahat dalam keterangan tertulis Rabu (6/4).

Sahat menyampaikan, rencana awal dari panitia, Apel Kebangsaan akan dilaksanakan di Balikpapan karena panitia menduga lokasi Titik Nol IKN Nusantara masih dalam kondisi pengamanan.

"Ternyata tadi dalam pertemuan, Pangdam menyampaikan bahwa Apel Kebangsaan dapat dilaksanakan di Titik Nol. Tentunya ini sangat kami harapkan dan kami mengucapkan terimakasih untuk respons positif dari Pangdam," ujarnya.

Rencananya, Apel Kebangsaan akan diikuti 500 peserta dari organisasi kepemudaan lintas agama. Para peserta juga sebagian merupakan perwakilan dari GAMKI se-Tanah Air.

"Kita mendukung penuh pemindahan IKN sebagai salah satu wujud pembangunan Indonesia Sentris. Artinya ada pemerataan pembangunan,
bahwa pembangunan tidak lagi dipusatkan di Jawa tapi benar-benar nyata untuk seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Dalam pertemuan tersebut, Pangdam VI/Mlw didampingi oleh Aster Kasdam VI/Mlw Kol. Arm Rama Hendarto Budhiyanto, Asintel Kasdam VI/Mlw Kol. Deni Sukwara, dan Kabintaldam VI/Mlw Kol. Inf T. Bayu Wahyu. Bersama Sekretaris Umum DPP GAMKI turut hadir Ketua Bidang Organisasi Keanggotaan Alan Ch. Singkali, Ketua Umum Panitia Nasional Pdt. Elmun Rumahorbo, Sekretaris DPD GAMKI Kalimantan Timur Daniel Abadi, dan Pdt. Charles.

Pangdam VI/Mulawarman merespons positif rencana tersebut dan mengajak GAMKI untuk melaksanakan Apel Kebangsaan langsung di Titik Nol IKN Nusantara - Kabupaten Penajam Paser Utara, di lokasi acara Ritual Kendi Nusantara yang digelar Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

“Saya menyarankan Apel Kebangsaan yang dilaksanakan GAMKI bersama pemuda lintas agama nanti langsung di Titik Nol IKN, di lokasi kegiatan Presiden bersama Kepala Daerah Se-Indonesia kemarin. Agar lebih terasa hikmat untuk ikrar Apel Kebangsaan, tolong dipersiapkan panitia sebaik mungkin. Nanti akan kita bantu juga persiapan lapangan, bersama Bapak Kapolda Kaltim. Ini kegiatan sangat positif, pasti kami dukung penuh,” ungkap Pangdam VI/Mulawarman dengan tegas.

“Dengan penuh semangat, dari GAMKI menyatakan siap karena ajakan Bapak Pangdam sangat menjawab keinginan dan rencana awal dari Panitia untuk melakanakan Apel Kebangsaan di Titik Nol IKN Nusantara,” ungkap Ketua Umum Panitia Nasional, Pdt. Elmun Rumahorbo.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA