Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Ahmed Zaki Targetkan Bangun 600 Sanitren, Sekarang Sudah Terbangun 346

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 28 Maret 2022, 12:15 WIB
Ahmed Zaki Targetkan Bangun 600 Sanitren, Sekarang Sudah Terbangun 346
Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar/Net
Program sanitasi berbasis pesantren (Sanitren) kembali dikebut Pemerintah Kabupaten Tangerang. Ditargetkan, Saniter akan terbangun di 600 pondok pesantren sebelum tahun 2023.

Program lanjutan Sanitren tahun 2022 ini ditandai dengan peresmian Sanitren Ponpes Asma’ul Husna di Desa Tapos, Kecamatan Tigaraksa. Tercatat hingga saat ini, Sanitren sudah terbangun di 346 ponpes.

“Tahun 2022 dan akhir tahun 2021, kami sudah mulai lagi menuntaskan program sanitasi berbasis pondok pesantren. Hal ini untuk menuntaskan visi-misi kita yakni Kabupaten Tangerang religius,” ujar Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar dalam keterangan tertulisnya, Senin (28/3).

Ia melanjutkan, Pemkab Tangerang berkewajiban memberi fasilitas kepada pondok pesantren sebagai sarana pendidikan Islam sekaligus lembaga pencetak alim ulama dan kiai.

Hal ini bertujuan untuk menjadikan masyarakat Kabupaten Tangerang agar lebih agamis.

Sanitren merupakan bagian dari program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang sudah dimulai sejak tahun 2018. Program ini menjadi salah satu program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Tangerang.

Untuk program Sanitren tahun 2021 ini, Pemkab Tangerang menganggarkan dana Rp 20 miliar bagi 150 ponpes dengan alokasi masing-masing Ponpes sebesar Rp 130 juta bekerja sama dengan Kementerian Agama Kabupaten Tangerang.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA