Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Musabaqah Hafalan Al-Quran dan Al-Hadits 2022, Hadiah Istimewa untuk Masyarakat Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 23 Maret 2022, 08:54 WIB
Musabaqah Hafalan Al-Quran dan Al-Hadits 2022, Hadiah Istimewa untuk Masyarakat Indonesia
Muhdhir Kantor Atase Agama Kedubes Arab Saudi, Ahmad bin Esa Al-Hazmy, Dubes Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Esam Abid Al-Thaqafy, dan Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, dalam pembukaan MHQH ke-14 2022/Ist
rmol news logo Al-Quran dan Al-Hadits adalah sumber petunjuk dan solusi dalam kehidupan umat manusia. Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, mengatakan, spirit yang diketengahkan Al-Quran dan Al-Hadits adalah semangat persatuan, persaudaraan, perdamaian, menegakkan keadilan dan kebenaran kepada seluruh umat manusia.

"Al-Quran dan Al-Hadits mengajarkan prinsip-prinsip dan tata aturan kehidupan yang harus dijalankan oleh umatnya, tidak hanya terkait dengan hablum minallah (hubungan manusia dengan Allah), tetapi juga hablum minannaas (hubungan dengan sesama manusia)," terang Dirjen dalam sambutannya pada pembukaan Musabaqah Hafalan Al-Quran dan Al-Hadits (MHQH) Tingkat Nasional ke-14 2022 yag diselenggarakan di Hotel Millennium, Jakarta, Selasa malam (22/3).

Dirjen, yang sangat bersyukur atas meningkatnya peserta pada tahun ini, berharap acara yang dihelat tiap tahun ini menjadi sarana bagi masyarakat untuk mendekatkan diri kepada Al-Quran. Dengan demikian, prinsip Al-Quran tentang pola hubungan manusia dengan Tuhan dan sesamanya akan semakin mudah diamalkan dalam keseharian.

Musabaqah Hafalan Al-Quran dan Al-Hadits (MHQH) ini merupakan kerja sama antara Kemenag RI dengan Kantor Atase Agama Kedubes Arab Saudi. Gelaran ini didanai oleh Yayasan Amir Sultan bin Abdul Aziz, dan merupakan hadiah istimewa untuk masyarakat Indonesia.

Ini juga menjadi harapan bahwa hubungan kedua negara akan semakin erat dan meningkat ke berbagai bidang kehidupan.

Muhdhir Kantor Atase Agama Kedubes Arab Saudi, Ahmad bin Esa Al-Hazmy, dalam sambutannya mengatakan, "Musabaqah ini merupakan hadiah istimewa dari Amir Sultan yang khusus diberikan kepada masyarakat Indonesia. Mudah-mudahan sambutan yang baik dari pemerintah dan masyarakat Indonesia mendapat rida Allah," katanya, seperti yang tertera dalam rilis yang diterima Kantor Berita Politik RMOL.

Ahmad menjelaskan, interaksi dengan Al-Quran dan Al-Hadits berupa membaca, menghapal, memikirkan kandungan makna, dan mengamalkannya, merupakan kunci keberhasilan hidup.

"Semoga Allah menyatukan kaum muslimin dalam Al-Quran dan Al-Hadits," harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dubes Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Esam Abid Al-Thaqafy memberikan apresiasi kepada Yayasan Amir Sultan bin Abdul Aziz yang telah mencetuskan dan mendanai seluruh musabaqah ini.

"Ini merupakan salah satu jasa beliau dalam berkhidmat kepada Al-Quran dan Al-Hadits. Musabaqah banyak memberikan motivasi dan andil besar terhadap perkembangan sekolah tahfiz di Indonesia," ujarnya.

Hadir dalam acara ini Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto, Sekretaris Ditjen Bimas Islam M. Fuad Nasar, dan Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag Syamsul Bahri. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA