Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

2 Tahun SDN Ini Selalu Terendam Banjir, Diduga Dampak dari Proyek Tol Semarang-Demak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 15 Maret 2022, 13:44 WIB
2 Tahun SDN Ini Selalu Terendam Banjir, Diduga Dampak dari Proyek Tol Semarang-Demak
Murid di SDN Sayung, Demak, berusaha tetap fokus belajar meski ruangan kelas mereka kebanjiran/RMOLJateng
rmol news logo Sekolah Dasar Negeri 3 Sayung, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, kembali terendam banjir, Selasa (15/3). Selain diakibatkan oleh hujan, banjir juga dipicu air pasang laut atau rob yang tidak dapat keluar dari area sekolah.

Banjir yang sudah terjadi selama dua tahun terakhir ini diduga akibat proyek pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak, yang menutup aliran air. Selain itu, banyaknya bangunan rumah baru dari warga luar desa yang terdampak tol, juga menjadi salah satu penyebab banjir bertambah parah.

Kepala SDN 3 Sayung, Endang Lestari mengatakan, banjir dan air pasang laut ini terjadi saat hujan deras dan rob yang mulai naik pada pagi hingga siang hari.

“Sebelum adanya proyek jalan tol, kita nyaman-nyaman saja. Banjir diperparah dengan banyaknya bangunan rumah baru dari warga pindahan dari luar desa,” terang Endang, dikutip Kantor Berita RMOLJateng.

Banjir setinggi 10-30 sentimeter yang merendam seluruh ruang kelas, mengakibatkan para siswa terpaksa tidak mengenakan sepatu. Sejumlah siswa mengaku risih dan kerap mengalami gatal-gatal lantaran terlalu sering terkena air kotor bercampur sampah tersebut.

“Sama sekali enggak nyaman. Sudah dua tahun seperti ini. Banyak teman yang sakit karena terlalu sering terendam air,” ujar salah seorang siswi kelas 6, Naila Putri.

Bahkan, tidak sedikit hewan air yang masuk ke ruang kelas dan membuat siswa ketakutan.

“Kami minta kepada Pak Ganjar, tolong tinggikan sekolah kami,” pungkas Naila.

Meski sudah berlangsung lama, hingga saat ini, belum ada perhatian dari pemerintah daerah ataupun dinas terkait. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA