Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Senin Pagi, Gempa Magnitudo 6,9 Guncang Nias Selatan, Terasa Sampai ke Padang

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Senin, 14 Maret 2022, 06:03 WIB
Senin Pagi, Gempa Magnitudo 6,9 Guncang Nias Selatan, Terasa Sampai ke Padang
Ilustrasi/Net
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa telah terjadi gempa tektonik dengan kekuatan magnitudo 6,9 di Nias Selatan, Sumatera Utara, Senin pagi (14/3).

“Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,71° LS ; 98,50° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 6 KM arah Selatan Hibala, Nias Selatan, Sumatera Utara pada kedalaman 25 km,” kata BMKG dalam keterangan tertulisnya.

Gempa ini, tulis BMKG, juga dirasakan sampai ke daerah Padang, antara lain Padang Panjang, Bukittinggi, Pasaman Barat, Tuapejat dan Pariaman. Lalu kemudian Dhamasraya, Payakumbuh, Padang Pariaman, Solok.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” imbau BMKG.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA