Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gubernur Se-Indonesia Disuruh Bawa Tanah dan Air untuk IKN Nusantara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Senin, 14 Maret 2022, 04:19 WIB
Gubernur Se-Indonesia Disuruh Bawa Tanah dan Air untuk IKN Nusantara
Menko Polhukam Mahfud MD/Net
rmol news logo Para Gubernur dari seluruh provinsi di Indonesia diundang ke Kalimantan Timur, dan diwajibkan membawa tanah dan air dari masing-masing daerahnya untuk disatukan ke dalam wadah besar dari tembaga, bernama Kendi Nusantara.

Hal ini merupakan ritual adat dalam agenda Presiden Joko Widodo di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Dari Bengkulu, dari Papua Barat, dari Papua, dari Kalimantan, dari Sumatera Barat, Aceh, semua berkumpul di sana,” kata Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD dalam keterangan tertulis, dikutip RMOLSumsel, Minggu (14/3).

Mahfud mengajak masyarakat untuk menjaga tanah air Indonesia karena terdapat keberagaman di dalamnya. Menurut Mahfud, dua kilogram tanah dan satu liter air yang akan dibawa oleh masing-masing gubernur untuk dimasukkan ke dalam Kendi Nusantara untuk mewakili seluruh suku dan agama di masing-masing provinsi.


“Inilah tanah air kita, Indonesia. Tanah Air. Maka kita harus jaga Tanah Air kita. Simbolik apa yang muncul dari itu? Keberagaman,” ujar Mahfud.

Selain itu, menurut Mahfud dalam 100 tahun mendatang pun hal ini akan menjadi cerita yang sangat menarik.

“Tidak usah 100 tahun lah, mungkin 30 tahun itu menjadi cerita yang sangat menarik. Bagaimana kita berupacara melalui adat kenegaraan dan keagamaan, digabung di situ, untuk masuk ke ibu kota baru,” tuturnya.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA