Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sawah Warga Kebanjiran, Proyek Tol Semarang-Demak Dituding Jadi Penyebab

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 11 Maret 2022, 14:39 WIB
Sawah Warga Kebanjiran, Proyek Tol Semarang-Demak Dituding Jadi Penyebab
Proyek pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak dituding sebagai penyebab banjir di pesawahan warga/RMOLJateng
rmol news logo Warga empat desa di Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, ramai-ramai melakukan protes terkait proyek pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak pada Jumat siang (11/3). Hal ini dipicu banjir yang merendam ratusan hektare areal persawahan warga sehingga tidak dapat ditanami.

Warga menilai, terendamnya areal pesawahan mereka merupakan dampak dari pembangunan jalan Tol Semarang-Demak.

Salah seorang warga, Maftukhah, bahkan mengaku sudah dua tahun tidak dapat menanam padi.

"Salurannya enggak ada, tertutup jalan. Kami minta dibongkar, biar airnya bisa mengalir," ujar Maftukhah, dikutip Kantor Berita RMOLJateng.

Sedikitnya empat desa di Kecamatan Karangtengah, yakni Desa Dukun, Desa Kedunguter, Desa Klitih, dan sebagian Desa Sampan, terdampak pembangunan jalan tol.

Staf Humas PT PP Semarang-Demak, Asep Supriyatna (Atek), telah merespons protes warga ini. Pihaknya langsung melakukan penelusuran saluran air yang berada di sekitar proyek.

"Jadi, antara jalan tol, areal pesawahan, dan saluran air menuju sungai ini beda ketinggian, lebih tinggi saluran airnya. Menurut kami, kalaupun dibongkar, sama saja enggak bisa ngalir," terang Asep.

Hingga saat ini, warga bersama pihak PT PP dan Polsek Karangtengah, masih melakukan penelusuran sepanjang saluran air untuk menemukan titik penghambat aliran air.

"Sementara ini, kami bongkar dulu jalan yang jadi akses alat berat yang berada di atas gorong gorong. Kita lihat apakah ini berpengaruh atau tidak, dan biar warga tahu persis apa sebenarnya yang menjadi penyebab tidak mengalirnya air dari sawah," tambah Asep.

Proyek Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Sesi 2, yang melintasi Kecamatan Karangtengah ini sepanjang 1,2 kilometer. Jalan tol ini nantinya akan tembus ke Jalan Lingkar Demak yang menjadi Exit Tol Demak. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA