Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pasaman Barat Paling Terdampak Gempa, 400 Rumah Rusak Ringan hingga Berat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 26 Februari 2022, 12:20 WIB
Pasaman Barat Paling Terdampak Gempa, 400 Rumah Rusak Ringan hingga Berat
Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari/Net
rmol news logo Gempa bumi magnitudo 6,1 yang terjadi di sejumlah wilayah di Sumatera Barat pada Jumat kemarin (25/2) berdampak cukup besar untuk Kabupaten Pasaman Barat.

Hal itu diungkap Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari, dalam keterangan tertulisnya hari ini.

Abdul Muhari menuturkan, dampak gempa bumi bukan hanya banyaknya korban luka-luka dan meninggal dunia, tapi juga merusak bangunan tempat tinggal warga dan fasilitas umum sekitar.

"Total kerusakan yang dipicu gempa antara lain rumah rusak berat 103 unit, rusak sedang 5 unit, rusak ringan 317 unit," ujar Abdul Muhari pada Sabtu (26/2).

Untuk fasilitas yang rusak, disebutkan Abdul Muhari, di antaranya ada 3 unit gedung pendidikan rusak berat, satu balai masyarakat rusak ringan, hingga satu aula bupati Pasaman Barat rusak ringan.

"Serta kerusakan yang belum terkategori seperti fasilitas ibadah 2 unit, fasilitas umum lain 1 unit dan bank 1 unit," imbuhnya.

Adapun dari total kerusakan rumah tersebut, Abdul Muhari merinci sebarannya di setiap kabupaten. Katanya, wilayah Kabupaten Pasaman Barat menjadi yang rumah warganya paling banyak mengalami kerusakan.

"Ada rumah rusak berat sebanyak 100 unit dan rusak ringan 300 unit, sedangkan di Kabupaten Pasaman rumah rusak 10 unit dimana petugas masih menentukan kategori kerusakan," paparnya.

Sementara itu, untuk di Kabupaten Lima Puluh Kota, rumah rusak berat sebanyak 3 unit, rusak sedang 5 unit dan rusak ringan 6 unit. Kemudian di Kabupaten Agam tercatat rumah rusak ringan 1 unit. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA