Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Kunjungi INAP TNI AL, Luhut: Teknologi Anak Bangsa, Sangat Membanggakan

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 25 Februari 2022, 21:43 WIB
Kunjungi INAP TNI AL, Luhut: Teknologi Anak Bangsa, Sangat Membanggakan
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan saat melihat Indonesia Naval Aquagriculture Program (INAP)/Ist
Indonesia Naval Aquagriculture Program (INAP) yang merupakan bagian Dari Kampung Bahari Nusantara yang baru saja diresmikan oleh KSAL Laksamana TNI Yudo Marono pada tanggal 23 Februari lalu mendapat resopon positif dari Menteri Koordinator Maritim dan Invetasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Diketahui INAP adalah program budidaya Udang Vaname yang berlokasi di Jembrana Bali. Dalam kunjungannya bersama Wakasal, Laksdya TNI Ahmadi Hari, Luhut memberikan apresiasi dan dukungan Program INAP.  

"INAP ini program bagus, menggunakan teknologi anak bangsa, ini sangat membanggakan, malah program ini bisa diangkat menjadi Program Nasional kedepan," kata Luhut dalam sambutannya, Jumat (25/2).

Menteri Luhut meminta agar program ini terus dikembangkan, agar bisa mencapai target produksi udang nasional.  "Untuk mencapai target nasional 2 juta ton pada tahun 2024, maka program ini perlu dikembangkan,” tegasnya.
 
Sementara itu, Wakasal Ahmadi Heri mengatakan bahwa program INAP menjadi program unggulan TNI AL dalam tugas pembinaan potensi maritim yang akan berimplikasi pada kesejahteraan masyarakat pesisir.

"Program INAP ini akan kita terus kembangkan menjadi 1000 INAP di seluruh wilayah tanah air, saat ini kita mulai dari Jembrana Bali," kata Wakasal.

Menurutnya, banyak kelebihan dari teknologi yang digunakan dalam program INAP ini, dibanding teknologi sebelumnya. Seperti, green concept, hemat energi, high productivity.

“Tadi Bapak Menko Marves sudah menyaksikan sendiri bagaimana teknologi ini bekerja dan bagaimana proses pengelolaan limbah buangan dari proses budidaya udang ini," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Jembrana, I Nengah Tamba memberikan apresias kepada TNI AL yang telah memilih Jembrana sebagai pilot project INAP ini

"Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada TNI AL yang telah memilih Jembrana sebagai titik awal dimulainya program 1000 INAP," kata Bupati Tamba

Menurut Bupati, kehadiran Bapak Menko Marves, KASAL, Wakasal dan Menparekraft dalam seminggu ini di Jembrana adalah hadiah terbesar untuk kepemimpinannya salam satu tahun ini. “Kami ucapkan terimakasih, ini bisa menjadi motivasi kami untuk bekerja lebih baik lagi,” tutup Tamba.

EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA