Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Alasan Jarang Bepergian, Puluhan Ribu Lansia di Palembang Enggan Divaksinasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 25 Februari 2022, 01:59 WIB
Alasan Jarang Bepergian, Puluhan Ribu Lansia di Palembang Enggan Divaksinasi
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 bagi lansia/Net
rmol news logo Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang mencatat hingga 23 Februari 2022 sebanyak 50.623 Lanjut Usia (Lansia) di Kota Palembang masih belum divaksin.

Hal ini terlihat dari data vaksinasi yang dimiliki Dinkes. Dari target vaksinasi untuk lansia sebanyak 128.519 orang, realisasi vaksinasi dosis pertama hanya 60 persen atau 77.896 orang. Sedangkan, vaksinasi dosis kedua baru 51 persen atau 65.931 orang. Lalu, dosis ketiga baru 10 persen atau sebanyak 13.560 orang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Yudhi Setiawan, mengakui saat ini puluhan ribu lansia masih enggan melakukan vaksinasi. Penyebabnya, kebanyakan lansia beranggapan vaksinasi hanya diperuntukan bagi warga yang sering bepergian keluar rumah atau kerap beraktivitas di luar daerah tempat tinggal.

"Kebanyakan lansia berpikir tidak perlu vaksinasi karena tidak pergi ke mana-mana," katanya melalui pesan WhatsApp kepada Kantor Berita RMOLSumsel, Kamis (24/2).

Yudhi menyayangkan keputusan para lansia tersebut, mengingat akses kesehatan tersedia dengan banyak dan mudah ditemui.

"Aksesnya sudah mudah, karena vaksin sekarang sudah tersedia di 41 puskesmas dan 35 rumah sakit yang ada di Palembang," tambahnya.

Tidak hanya itu, Yudhi khawatir apabila tidak segera divaksin, lansia berpotensi tertular Covid-19 melalui anggota keluarga yang bepergian keluar rumah. Sebab tidak semua orang yang terpapar menunjukkan gejala.

"Artinya lansia sangat berisiko terinfeksi Covid-19 dan kemungkinan besar mengalami gejala yang berat dan masuk rumah sakit," terang Yudhi.

Guna menggenjot tercapainya target serapan vaksinasi bagi lansia, Dinkes Palembang terus mengimbau agar keluarga yang memiliki lansia segera dibawa ke Faskes terdekat untuk dilakukan vaksinasi.

"Keluarga yang mempunyai lansia di rumah untuk segera membawa lansia ke fasyankes atau lapor dengan petugas puskesmas untuk mendapatkan vaksinasi," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA