Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cemaskan Gelombang Omicron, Pandu Riono: Ada yang Memetik Keuntungan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Minggu, 30 Januari 2022, 00:50 WIB
Cemaskan Gelombang Omicron, Pandu Riono: Ada yang Memetik Keuntungan
Epidemiolog Universitas Indonesia, Pandu Riono/Net
rmol news logo Gelombang kasus positif Covid-19 di Indonesia yang belakangan bertambah secara signifikan menimbulkan kekhawatiran dari kalangan pakar kesehatan atau epidemiolog. Namun kekhawatiran ini bukan dari segi klinis.

Epidemiolog Universitas Indonesia (UI), Pandu Riono, menilai lonjakan kasus akibat sebaran varian Omicron mengakibatkan banyak orang kaya yang berbondong-bondong melakukan testing.

"Lonjakan kecemasan terhadap Omicron mendorong orang-orang yang berduit, rela antre ke layanan tes Covid-19," ujar Pandu melalui akun Twitternya, Sabtu (29/1).

Tak cuma melakukan testing, Pandu menemukan masyarakat kalangan atas yang hasil tesnya positif Covid-19 juga meminta agar dirawat inap di rumah sakit.

"Bahkan bila hasilnya positif, walaupun tanpa gejala atau ringan, minta dirawat di RS dengan membayar sendiri," katanya.

Maka dari itu, dia menyimpulkan bahwa kekhawatiran atas sebaran varian Omicron, sesungguhnya bukan berada pada segi klinis, akan tetapi dari segi lain.

"Ternyata yang terjadi gelombang kecemasan Omicron, ada yang memetik keuntungan," demikian Pandu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.