Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dengar Aspirasi, Menko Airlangga Izinkan Pedagang Tradisional Habiskan Stok Minyak Goreng Non Subsidi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 29 Januari 2022, 17:00 WIB
Dengar Aspirasi, Menko Airlangga Izinkan Pedagang Tradisional Habiskan Stok Minyak Goreng Non Subsidi
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto saat melihat dengan dekat kegiatan Operasi Pasar di Pasar Raya Salatiga, Sabtu (29/1)/RMOLJateng
rmol news logo Pedagang tradisional masih diperbolehkan untuk menjual minyak goreng dengan harga di atas rata-rata yang ditetapkan pemerintah.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal tersebut disampaikan Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto saat melakukan kunjungan ke Pasar Raya Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (29/1).

Keputusan tersebut dilakukan karena masih banyak pedagang di pasar tradisional memiliki stok minyak goreng yang dibeli sebelum subsidi dari pemerintah.

"Tadi kita tanya, pedagang masih banyak menjual di atas Rp 14 ribu per liter untuk menghabiskan stok. Karena saat beli mereka dengan harga tinggi juga. Kita berikan kesempatan silakan," kata Airlangga Hartarto diberitakan Kantor Berita RMOLJateng.

Namun demikian, kesempatan tersebut diberikan kepada para pedagang hingga akhir Januari ini. Nantinya, per 1 Februari harus sudah menggunakan harga yang ditentukan pemerintah, yakni Rp 14 ribu per liter.

Ketentuan ini serentak diberlakukan seluruh pasar tradisional di Tanah Air. Untuk itu, Airlangga berharap peran Pemerintah Daerah (Pemda) dalam melakukan pengawasan.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Pemda serta dinas terkait di seluruh Kabupaten Kota di seluruh Indonesia melakukan pengawasan terkait harga jual nanti," papar dia.

Airlangga menilai, sejauh ini kebutuhan minyak goreng masih dapat diatasi mengingat untuk menekan harga minyak goreng tetap terjangkau pemerintah gencar melakukan operasi pasar.

"Operasi Pasar ini tidak hanya dilakukan di Salatiga saja, tapi juga di beberapa daerah di Indonesia," pungkasnya.

Menko Perekonomian, Menteri Perindustrian dan Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) didampingi Anggota Komisi VII DPR, Walikota Salatiga, Kadisperindag Prov Jateng serta Kadisperindag Kota Salatiga juga dalam kesempatan tersebut meninjau langsung kegiatan operasi pasar di Pasar Raya Salatiga. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA