Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lukisan NFT Laku Hingga Rp 4,2 juta, Seniman Braga Merasa Bangga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 26 Januari 2022, 13:24 WIB
Lukisan NFT Laku Hingga Rp 4,2 juta, Seniman Braga Merasa Bangga
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyerahkan hasil penjualan lukisan di NFT kepada Seniman Braga Solihin/Ist
rmol news logo Senyum bahagia terlihat jelas di wajah Solihin kala menerima langsung uang hasil penjualan lukisan kaligrafi yang sudah didigitalisasi lewat Non-Fungible Token (NFT) pada platform Opensea sebesar 0,09 ETH atau Rp4,2 juta.

Uang hasil penjualan lukisan itu diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kepada pelukis Jalan Braga tersebut.

Pada akhir November 2021 lalu, Ridwan Kamil dan Solihin memang berkolaborasi membuat eksperimen menjual karya lukisannya yang telah didigitalisasi di NFT sebagai pintu kesejahteraan baru bagi para seniman.

"Ya saya gembira banget apalagi dengan seorang Pak Ridwan Kamil sudah tak terhingga bangganya," ujar Solihin, dalam keterangannya yang diterima Kantor Berita RMOLJabar, Rabu (26/1).

Solihin bercerita, pada November lalu ia sedang berjualan karya lukisannya di Jalan Braga. Saat itu, Ridwan Kamil datang dan menawarkan konsep baru dalam memasarkan karyanya lewat NFT.

"Dulu ceritanya di luar dugaan, seperti biasa nongkrong di lapak tiba-tiba Kang Emil datang dan menawarkan konsep seperti ini dan berhasil," ungkapnya.

Biasanya, lanjut Solihin, lukisannya dijual berkisar Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta. Namun saat dilepas lewat NFT lukisannya terjual Rp4,2 juta.

Di tempat yang sama, Ridwan Kamil menyerahkan hasil penjualan lukisan Solihin untuk membuktikan bahwa teknologi bisa membuka cara baru dalam mensejahterakan seniman.

"Iya sesuai janji bahwa eksperimen menjual lukisan di digital itu ternyata berhasil. Yang biasanya dijual Rp 500-Rp 1 juta, sekarang bisa Rp 4,2 juta. Bahkan lukisan saya pun terjual lumayan lah. Ini membuktikan cara baru dalam mensejahterakan pelaku seni bahwa menjual karya ada dua cara, dijual langsung atau di dunia digital lewat NFT," tutur Emil, sapaan akrabnya.

Ia berharap, jejak itu bisa diikuti para seniman lain agar mulai beradaptasi mempelajari dunia digital yang bisa membuka peluang lebih besar.

"Mudah-mudahan hari ini cerita di Braga menjadi inspirasi buat semua. Kan sudah disampaikan bisa mengikuti jejak ini. Nanti bisa dua cara, bukan akun sendiri walaupun rada rumit atau nebeng ke kita," kata Emil. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA