Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Buka Akses Siswa Jelajahi Ilmu, BEM FISIP UI Bangun Rumah Baca Hambalang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 24 Januari 2022, 07:28 WIB
Buka Akses Siswa Jelajahi Ilmu, BEM FISIP UI Bangun Rumah Baca Hambalang
Peletakan batu pertama Rumah Baca Hambalang/Net
rmol news logo Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (BEM FISIP UI) melakukan pembangunan perpustakaan Rumah Baca Hambalang.

Kegiatan yang dilakukan melalui program kerja Departemen Sosial Masyarakat, Eksplorasi Desa Kita III dimulai pada 11 Desember lalu.

Pemberian nama Hambalang didasarkan pada kegiatan pembangunan perpustakaan di salah satu sekolah tingkat dasar (SD/MI) yang terletak di Desa Hambalang, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, yaitu MI Al-Wasilah.

Acara ini dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan puncak acara Eksplorasi Desa Kita III yang melibatkan beberapa pihak. Di antaranya, Ali Ridho Al Jufri (Project Officer Eksplorasi Desa Kita III), Diana Dewi (Sekretaris Desa Hambalang), H. Mulki (Kepala Yayasan Al-Wasilah), Sari Viciawati Machdum (Dosen Pembimbing Eksplorasi Desa Kita III), dan Tini Suhartini, (Kepala Madrasah MI Al-Wasilah).

Rumah Baca Hambalang sendiri merupakan program yang dihadirkan oleh Eksplorasi Desa Kita III untuk meningkatkan minat dan motivasi literasi siswa/i MI Al-Wasilah melalui revitalisasi dan pemberdayaan perpustakaan yang ada di sekolah.

“Revitalisasi ini dilakukan dengan pembangunan gedung perpustakaan baru beserta penambahan beberapa peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam perpustakaan, seperti halnya rak buku, kursi, meja kecil, dan barang-barang lainnya,” ujar Project Officer Eksplorasi Desa Kita III, Ali Ridho Al Jufri, kepada wartawan, Senin (24/1).

Tidak berhenti sampai di sana, Eksplorasi Desa Kita III juga melakukan penghimpunan dan penyaluran donasi buku anak secara umum, khususnya mahasiswa/i FISIP UI, guna meningkatkan partisipasi publik dalam mendukung pemenuhan minat dan peningkatan motivasi literasi siswa/i MI Al-Wasilah, melalui program kerja Rumah Baca Hambalang.

“Kita tahu bahwa buku adalah jendela dunia, tetapi faktanya tingkat literasi di Indonesia masih rendah. Apabila semua orang memiliki akses serta kemauan untuk menjelajahi cahaya ilmu pengetahuan melalui jendela tersebut, maka hal tersebut akan meningkatkan kualitas SDM Indonesia dan akan mengantarkan pada kemajuan serta pembangunan negara kita, Republik Indonesia, yang lebih baik,” tuturnya.

Kehadiran Rumah Baca Hambalang telah menjadi bentuk pengupayaan dalam memberikan akses terhadap siswa/i MI Al-Wasilah agar dapat menjelajahi luasnya ilmu pengetahuan melalui buku sebagai jendela.

Namun, Rumah Baca Hambalang bukanlah satu-satunya upaya yang dihadirkan untuk mewujudkan tujuan mulia untuk siswa/i MI Al-Wasilah. Eksplorasi Desa Kita III juga memiliki serangkaian program acara lainnya yang hadir guna meningkatkan motivasi dalam belajar, yakni Bina Desa dan Desa Belajar.  

Program acara Bina Desa telah dilaksanakan pada 30 Oktober 2021 merupakan program pembinaan yang ditujukan kepada orang tua siswa/i MI Al-Wasilah.

Pembinaan yang diberikan ini membahas seputar pentingnya pendidikan dengan fokus binaan pada bagaimana peran orang tua di rumah dalam mengawasi, membina, dan memotivasi anak selama mengikuti pembelajaran jarak jauh.

Pada pelaksanaannya, protokol kesehatan diberlakukan secara cukup ketat di mana orang tua diharuskan untuk mengenakan masker serta mencuci tangan dengan menggunakan hand sanitizer sebelum mengisi daftar hadir dan memasuki ruangan.

“Setidaknya, terdapat 17 wali murid yang hadir untuk mengikuti acara ini sampai dengan akhir mata acara,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA