Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Hadiri Pelantikan JMSI Jabar, Firli Bahuri Ajak Media Ambil Peran dalam Mewujudkan Tujuan Negara

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 22 Januari 2022, 01:06 WIB
Hadiri Pelantikan JMSI Jabar, Firli Bahuri Ajak Media Ambil Peran dalam Mewujudkan Tujuan Negara
Ketua KPK Firli Bahuri saat memberikan paparan di acara pelantikan JMSI Jawa Barat/Ist
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menghadiri langsung acara pelantikan pengurus daerah Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Jawa Barat di Hotel Horison, Bandung, Jumat (21/1).

Diawal sambutannya, Firli mengapresiasi organisasi JMSI yang baru berumur dua tahun telah memiliki 31 kepengurusan daerah serta telah ditetapkan sebagai konstituen Dewan Pers.

“Tak berlebihan saya kalau menyampaikan apresiasi dan selamat kepada JMSI, yang pertama karena JMSI menjadi konstituen Dewan Pers, dan yang kedua dalam waktu dua tahun sudah terbentuk 31 pengurus daerah,” kata Firli.

Lebih dalam, Firli kemudian mengajak media untuk mengambil peran lebih. Karena bagi Firli, media yang amat begitu strategis tidak hanya sebagai distribusi informasi, namun media mampu membangun budaya, peradaban dan yang paling penting media mampu menjadi unsur yang bisa mewujudkan tujuan negara.

Tujuan negara sebagai mana telah disepakati oleh founding father yang tercantum dalam alinea keempat pembukaan UUD 45, diantaranya melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.

“Maknanya kalau rekan-rekan menulis yang positif maka rekan-rekan juga telah memberikan perlindungan terhadap anak bangsa dan segenap seluruh tumpah darah Indonesia, tetapi kalau tulisannya memuat ujaran kebencian, hoax dll maka rekan-rekan tidak mewujudkan tujuan negara melindungi segenap bangsa Indonesia dan tumpah darah Indonesia,” beber Firli.

Kemudian, tujuan negara ialah memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa yang menurut Firli disinilah peran penting dan strategisnya media.

“Tolong saya titip, berita-berita yang dimuat memberikan nilai upaya dan tindakan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” pesan Firli.

Lalu tujuan negara sebagaimana termaktub dalam alinea keempat pembukaan UUD 45 ialah ikut memelihara ketertiban dunia yang berlandaskan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Disini, Firli menekankan, peran media dianggap penting jika seandainya media justru memuat provokasi dan ujaran kebencian, maka sangat tidak mungkin perdamaian dunia ini terpelihara.

Acara pelantikan JMSI Jawa Barat ini, juga turut dihadiri oleh Ketua Umum JMSI Pusat Teguh Santosa, Wakil Ketua Dewan Pers Hendry CH Bangun, 16 Ketua JMSI Provinsi serta Walikota Sumedang Dony Ahmad Munir, Plt Walikota Cimahi Ngatiyana dan Ketua Umum Kadin Jawa Barat Cucu Sutara.

Dalam pelantikan JMSI Jawa Barat ini juga digelar dialog bertajuk 'Orkestrasi dan Trisula Pemberantasan Korupsi'.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA