Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ingin Jakarta Punya Lebih Banyak "Park", Anies Gencar Revitalisasi Taman

LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 16 Januari 2022, 20:59 WIB
Ingin Jakarta Punya Lebih Banyak
Gubenrur DKI Jakarta Anies Baswedan saat tinjau Tebet Eco Park/Net
Sejak menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan gencar melakukan penataan, pembangunan dan merevitalisasi sejumlah kawasan.

Salah satunya merevitalisasi taman Tebet di Jakarta Selatan menjadi Tebet Eco Park yang sebentar lagi akan tuntas.

Anies menjelaskan tujuan revitalisasi ini agar warga Jakarta merasa terfasilitasi dan semakin nyaman saat beraktivitas di taman tersebut.

"Kalau garden itu adalah tempat untuk kita menikmati tanaman, menikmati bunga, tapi kalau park itu tempat bermain. Kota-kota itu harus lebih banyak park," kata Anies diberitakan Kantor Berita RMOLJakarta yang mengutip Channel Youtube miliknya, Minggu (16/1).

Tebet Eco Park sendiri merupakan Taman Maju Bersama Grande (besar) ketiga yang  direvitalisasi setelah TMB Mataram dan TMB Puring.

Taman ini mengusung tiga konsep utama dalam pembangunannya, yaitu mengedepankan fungsi ekologi, sebagai ruang sosial, dan juga sebagai ruang edukasi serta rekreasi.

Kawasan Tebet Eco Park dilengkapi beberapa fasilitas menarik, dan salah satu yang paling menarik yaitu Infinity Connecting Bridge yang menghubungkan Taman Tebet Utara dan Taman Tebet Selatan, yang sebelumnya terpisahkan Jalan Tebet Raya.

Sungai eksisting dalam taman juga dinaturalisasi dengan pelebaran dan perubahan profil tanggul, agar bisa menjadi kolam retensi saat hujan.

Prasarana lain yang menarik adalah taman bibit, dan taman tematik khususnya untuk komunitas berkebun, sekaligus menjadi tempat bermain anak.

"Karena itulah tujuan kita maju kotanya bahagia warganya," pungkasnya.

ARTIKEL LAINNYA