Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Pulang dari Luar Negeri, Dua Warga Bandung Harus Jalani Tes Genome

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 14 Januari 2022, 19:48 WIB
Pulang dari Luar Negeri, Dua Warga Bandung Harus Jalani Tes Genome
Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Bandung Rosye Arosdiani/RMOLJabar
Dua warga Kota Bandung, Jawa Barat, harus menjalani tes Genome Sequencing di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) untuk memastikan tidak terpapar varian Omicron.

Keduanya punya riwayat perjalanan luar negeri. Sehingga, perlu tes khusus untuk memastikan tidak ada paparan virus corona varian Omicron.

"Saat ini kita sudah mengirimkan itu dua (orang) yang kita menunggu tes genome," kata Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Bandung Rosye Arosdiani dikutip Kantor Berita RMOLJabar, Jumat (14/1).

Rosye mengatakan, dia masih menunggu hasil tes genome yang dilakukan terhadap dua orang tersebut. Selain memiliki riwayat bepergian ke luar negeri, kata dia, dua orang tersebut dites genome karena memiliki CT yang rendah.

"Kalau di kita sendiri ada beberapa kriteria itu seperti CT yang rendah, itu kita juga lakukan (tes genome)" katanya.

Sebelumnya, di wilayah yang berdekatan dengan Kota Bandung yakni Kabupaten Bandung, ada empat orang yang terkonfirmasi positif terinfeksi Omicron.

Empat orang itu merupakan satu anggota keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan dua anaknya. Sang ayah memiliki riwayat bepergian ke luar negeri yakni Negara Guinea.

Adapun Genome sequencing Covid 19 adalah salah satu prosedur laboratorium untuk menentukan urutan basa yang terdapat pada organisme. Tes genome sequencing Covid 19 merupakan upaya melihat urutan kode genetik.

ARTIKEL LAINNYA