Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

BMKG: Hingga Petang Ada 5 Kali Gempa Susulan di Pandeglang, Kekuatan Menurun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 14 Januari 2022, 18:59 WIB
BMKG: Hingga Petang Ada 5 Kali Gempa Susulan di Pandeglang, Kekuatan Menurun
Dampak gempa Pandeglang/Net
rmol news logo Sejumlah gempa susulan terjadi di Pandegelang, Banten setelah gempa pertama kali terjadi pada pukul 16.05 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa kekuatan gempa susulan mengalami penurunan jika dibanding gempa pertama yang berkekuatan 6,6 magnitudo.

"Hingga saat ini, atau tadi pukul 17.20 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan telah terjadi 5 kali gempa susulan dengan magnitudo terbesar 5,7," ujar Dwikorita dalam jumpa pers virtual pada Jumat petang (14/1).

Dwikorita menjelaskan, berdasarkan analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa tektonik di Pandeglang, Banten memiliki mekanisme pergerakan naik, atau akibat dari patahan naik (thrust fault).

"Dengan memperhatikan lokasi episenster dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng menunjang ke bawah," papar Dwikorita.

Meski begitu, Dwikorita tak menutup kemungkinan akan adanya gempa susulan hingga beberapa waktu ke depan. Sehingga dia meminta masyarakat hingga pemerintah daerah untuk meningkatkan kewaspadaan.

"Gempa susulan akan cenderung terus menurun (kekuatannya)," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA