Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Butuh Rp 10 Triliun untuk Atasi Persoalan Banjir di Aceh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 13 Januari 2022, 16:54 WIB
Butuh Rp 10 Triliun untuk Atasi Persoalan Banjir di Aceh
Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Aceh Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Mawardi/RMOLAceh
rmol news logo Salah satu upaya mengatasi banjir yang kerap melanda Aceh adalah dengan memperbaiki daerah aliran sungai (DAS) dari mulai hulu hingga hilir. Namun, upaya ini membutuhkan biaya yang luar biasa besar.

Dijelaskan Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Aceh Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Mawardi, Pemerintah Aceh membutuhkan dana sebesar Rp 10 triliun lebih untuk mengatasi banjir.

"Butuh anggaran besar untuk menangani persoalan banjir," kata Mawardi kepada Kantor Berita RMOLAceh, Kamis (13/1).

Mawardi mengatakan, secara teknis tidak ada kendala untuk menangani hal ini. Yang terpenting, pemerintah memiliki orang-orang yang mampu mendeteksi permasalahan dari hulu hingga hilir seluruh wilayah sungai.

Ditambahkan Mawardi, dibutuhkan data hidrologi, termasuk kajian tentang volume air dan kapasitas sungai. Sehingga, dari kajian tersebut, ditemukan kebutuhan untuk mencegah banjir.

“Termasuk langkah membangun tanggul atau mereduksi dengan cara-cara interkoneksi saluran buangan," jelas Mawardi.

Pemerintah Aceh, sejauh ini telah melakukan sejumlah langkah untuk mengatasi banjir dengan dana yang ada. Pemerintah tidak dapat mengalokasikan dana besar di satu kegiatan.

“Anggota DPR Aceh juga punya daerah pemilihan masing-masing yang membutuhkan dana untuk pengembangan daerah masing-masing,” ucap Mawardi.

Mawardi memperkirakan persoalan banjir ini masih akan terjadi hingga tiga tahun ke depan. Terutama terkait permasalahan teknis yang tidak bisa diselesaikan dalam satu tahun anggaran. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA