Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ketua POBSI Sumut Sesali Masalah "Jewer Kuping" Berujung ke Ranah Hukum

LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 05 Januari 2022, 15:19 WIB
Ketua POBSI Sumut Sesali Masalah
Ketua Pengprov POBSI Sumut, Salomo TR Pardede (kanan)/RMOLSumut
Kasus "jewer kuping" yang dilakukan oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, terhadap pelatih biliar tim PON Sumut, Khairuddin Aritonang alias Coki, saat ini sudah diadukan ke Polda Sumatera Utara.

Ketua Umum Pengprov Persatuan Olahraga Biliar Indonesia (POBSI) Sumut, Salomo TR Pardede, menyayangkan kasus ini berujung ke ranah hukum. Menurutnya, seharusnya masalah "jewer kuping" ini dapat diselesaikan secara kekeluargaan.

Salomo menegaskan, posisi POBSI Sumut berada di tengah, tidak membela siapapun. Dia juga meminta agar kejadian yang dialami Coki tidak dikait-kaitkan dengan POBSI Sumut, sebab hal itu adalah persoalan pribadi.

Selain itu, posisi Coki sebagai pelatih tim Biliar Sumut juga telah selesai sejak berakhirnya pelaksanaan PON Papua.

"Dia diangkat sebagai pelatih mulai dari persiapan hingga berakhir PON Papua. Hal itu sesuai dengan SK dari KONI Sumut," kata Salomo kepada wartawan, Rabu (5/12).

Terkait laporan ke Polisi, Salomo memastikan itu atas inisiatif Coki dan tidak pernah berkonsultasi dengan POBSI Sumut. Namun Salomo tak melarang Coki menempuh jalur hukum karena itu adalah hak dia.

Sebenarnya, lanjut Salomo, tindakan Edy terhadap Coki  merupakan bentuk kedekatan antara Ayah dengan anak, namun Coki menanggapi dengan serius.

"Saya tidak membela Gubsu, tapi kalau kita jujur gaya dan style kepemimpinan Edy Rahmayadi memang begitu, kita harus maklum," terang Salomo, dikutip Kantor Berita RMOLSumut.

Bahkan, tambah Salomo, Edy sudah mengatakan bahwa aksi jewer kuping tersebut merupakan jewer sayang, dan dia juga pasti tidak menyangka persoalannya panjang dan melebar ke mana-mana hingga sekarang.

Selain itu, upaya mediasi pun sudah dilakukan KONI Sumut dan POBSI Sumut kepada Coki agar persoalan tersebut tidak terlalu diangkat ke permukaan. Namun Coki tetap dengan pendiriannya membawa ke ranah hukum.

Terkait pernyataan Coki di media bahwa tidak ada bantuan pemerintah berupa peralatan ke POBSI Sumut, Salomo membantah.

POBSI Sumut, jelas Salomo, sudah pernah mendapat bantuan 4 unit meja biliar dari Pemprov Sumut melalui Dispora dan KONI Sumut, yakni meja divisi pool, snooker, dan caroom.

Hingga sekarang meja biliar tersebut masih layak digunakan.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA