Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Larangan Dicabut, Lion Air Siap Terbangkan Dua Pesawat Boeing 737 MAX Bulan Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 05 Januari 2022, 15:10 WIB
Larangan Dicabut, Lion Air Siap Terbangkan Dua Pesawat Boeing 737 MAX Bulan Ini
Pesawat Boeing 737 MAX 8 dari Lion Air/Net
rmol news logo Maskapai penerbangan Lion Air akan segera mengembalikan pesawat Boeing 737 MAX ke dalam layanannya setelah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencabut larangan terbang untuk pesawat tersebut.

Berdasarkan surat Ditjen Perhubungan Udara bernomor A4402/8/6/DJRU.DKPPU-2021 pada 27 Desember 2021, pesawat Boeing 737 MAX dapat beroperasi kembali setelah hampir tiga tahun dikandangkan.

Larangan terbang dicabut setelah otoritas penerbangan menyelesaikan proses evaluasi terhadap perubahan desain dari Boeing 737 MAX.

Seiring dengan keputusan tersebut, Kepala Subdit Sertifikasi Pesawat Udara DKPPU Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Agustinus Budi Hartono mengatakan pihaknya telah berkomunikasi dengan dua maskapai penerbangan yang menggunakan pesawat tipe tersebut, yaitu Garuda Indonesia dan Lion Air.

"Sebagai informasi, kami sudah berkomunikasi dengan Lion Air dan Garuda. Lion Air mengoperasikan sembilan pesawat, dengan dua pesawat akan diterbangkan bulan Januari tahun ini," kata Agustinus dalam webinar bertajuk "Menyambut Kembali Boeing 737 MAX" yang digelar Pusat Studi Air Power Indonesia (PSAPI) pada Rabu (5/1).

Sementara Garuda memutuskan untuk tidak menggunakan Boeing 737 MAX lagi.

Meski begitu, Agustinus menekankan, ada ketentuan yang harus dipatuhi oleh operator penerbangan sebelum menerbangkan Boeing 737 MAX mereka.

Ketentuan-ketentuan yang perlu dipenuhi oleh operator tertuang dalam AD (Airworthiness Directive) nomor 21-12-001 dan surat pemberitahuan pencabutan larangan terbang.

Tidak hanya itu, ia juga menyebut, penting bagi operator untuk melakukan inspeksi dan uji terbang sebelum memasukkan kembali pesawat ke dalam layanan. Itu lantaran pesawat-pesawat tersebut telah dikandangkan untuk waktu yang cukup lama.

Boeing 737 MAX dikandangkan setelah dua kecelakaan fatal yang menimpa Lion Air JT 610 pada 28 Oktober 2018 dan Ethiopian Airlines ET 302 pada 10 Maret 2019. Dua kecelakaan tersebut masing-masing menewaskan 189 orang dan 157 orang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA