Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tinjau Dampak Banjir Bandang, Bupati Kediri Minta Jembatan dan Pipa Air Bersih Diperbaiki

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 05 Januari 2022, 10:42 WIB
Tinjau Dampak Banjir Bandang, Bupati Kediri Minta Jembatan dan Pipa Air Bersih Diperbaiki
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono/Net
rmol news logo Peninjauan langsung dilakukan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono ke di Dukuh Semoyo, Dusun Jethi, Desa Blimbing, Kecamatan Mojo yang terdampak banjir bandang beberapa waktu lalu.

Jalan terputus, jembatan rusak, hingga kondisi rumah warga yang terkena imbas material longsoran turut diperiksa dalam peninjauan tersebut.

Adapun kondisi jembatan yang rusak dan memutus akses jalan utama 42 KK di Dusun Semoyo telah diperbaiki dengan dibuatkan jembatan darurat menggunakan papan kayu. Pembangunan jembatan darurat dilakukan supaya warga tidak terisolir.

Nantinya, Bupati Hanindhito akan meminta pihak PUPR untuk membangun kembali jembatan dengan material yang kokoh. Termasuk jalanan yang memutus akses jalan warga.

"Nanti (jembatan) dibangunkan PUPR, dibikinkan jembatan beton," katanya seperti diberitakan Kantor Berita RMOL Jatim, Kamis (5/1).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kediri Irwan Chandra yang ikut serta mendampingi ke lokasi menyatakan kesiapan. Melihat kondisi kerusakan yang terjadi, Irwan memastikan perbaikan jembatan akan dilakukan dengan membuat jembatan baru menggunakan beton.

"Nanti kita akan lebarkan jembatannya tapi kita tunggu dulu hasil assesment BPBD," tuturnya.

Selain jembatan, Bupati Hanindhito  juga meminta Dinas Perkim dan PUPR untuk segera menindaklanjuti jalur pipanisasi air bersih.

Ini lantaran saluran pipa air bersih yang melintasi area terdampak bencana banjir dan tanah longsor di wilayah perbukitan itu ikut mengalami kerusakan.

Meski begitu, untuk mengantisipasi kurangnya air bersih, sementara saluran pipa paralon yang rusak telah dilakukan perbaikan.

"Air sudah tidak ada masalah, cuma untuk jangka panjangnya, diperlukan pipa sepanjang tiga setengah kilometer," ungkapnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA