Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamat: Kerusakan Hulu Das Jambo Aye Penyebab Banjir di Aceh Timur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 04 Januari 2022, 08:56 WIB
Pengamat: Kerusakan Hulu Das Jambo Aye Penyebab Banjir di Aceh Timur
Pengamat Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, Universitas Almuslim, Cut Azizah/Ist
rmol news logo Aceh Timur merupakan bagian dari daerah aliran sungai (DAS) Jambo Aye. Banjir yang terjadi di daerah itu menjadi cermin kondisi buruk kerusakan hutan di DAS tersebut.

"Jadi DAS Jambo Aye ini hulunya di Aceh Tengah. Mengalir ke Bener Meriah dan hilirnya ke Aceh Timur," kata pengamat Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan dari Universitas Almuslim, Cut Azizah, kepada Kantor Berita RMOLAceh, Senin (3/1).

Menurut Cut Aziziah, kondisi hutan di kawasan hulu Jambo Aye terus berkurang. Hal inilah yang menyebabkan banjir besar terus menerus. Banjir akan terjadi di kawasan DAS Jambo Aye jika hujan terjadi lima hari berturut-turut di kawasan itu.

Untuk itu, banjir yang berulang ini harus diantisipasi dengan langkah sederhana. Dicontohkan Cut Azizah, masyarakat jangan membuat rumah di dekat sempadan sungai.

"Seperti halnya di DAS Arakundo, banyak rumah di kawasan itu yang dibangun di sisi aliran sungai. Areal 100 meter di sisi kiri dan kanan aliran sungai tidak boleh ditinggali," paparnya.

Ia menyarankan agar areal yang ditanami sawit membuat saluran penahan air. Bisa berupa saluran panjang atau lubang. Sehingga saluran dan lubang ini dapat menampung limpahan air hujan dan tidak merendam kawasan permukiman.

Hal itu, lanjutnya, dapat dilakukan sembari menanami kembali lahan kritis di kawasan hutan Aceh.

”Dan yang terpenting adalah, meningkatkan kesadaran lingkungan dan mendorong kebijakan yang berpihak pada perlindungan kawasan hutan,” tegasnya.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA