Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Pandemi Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Sektor Informasi

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 04 Januari 2022, 03:04 WIB
Pandemi Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Sektor Informasi
Menkominfo Johnny G Plate/Net
Pandemi telah mendorong masyarakat Indonesia bermigrasi dengan cepat dari aktifitas di ruang fisik ke ruang digital. Hal inilah yang mendorong pemerintah untuk melakukan upaya akselerasi transformasi digital nasional untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Demikian dikatakan Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Johnny G Plate dalam keterangan tertulis, Senin (3/1).

Menurutnya, salah satu dampak migrasi selama pandemi memengaruhi kenaikan pertumbuhan ekonomi sektor informasi dan komunikasi selama tahun 2021.

“Tahun 2021, sektor informasi dan komunikasi itu tumbuh positif berturut-turut yaitu 8,72 persen, 6,87 persen dan 5,51 persen year-on-year. Saya sendiri melihat ini seperti blessing in disguise, di mana masyarakat dunia dan khususnya Indonesia  bergerak secara cepat masuk ke era baru era digital,” kata Johnny.

Johnny menyatakan sejalan dengan pertumbuhan sektor digital di atas rata-rata ekonomi nasional, Kementerian Kominfo terus berupaya mendorong migrasi aktivitas dan memastikan kemampuan masyarakat dengan pembangunan infrastruktur telekomunikasi.

“Pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia sebelumnya didorong hanya dari sisi disrupsi teknologi. Namun, pandemi Covid-19 memacu akselerasi transformasi digital di semua sektor. Karena kita negara konsumen teknologi, kita harus melakukan akselerasi di hampir semua aspek,” katanya.

Menurut Menkominfo, pandemi Covid-19 memiliki dampak kesehatan dan ekonomi, namun Pemerintah berupaya memanfaatkan secara optimal dengan mendorong akselerasi transformasi digital.

“Guideline dari Bapak Presiden untuk memastikan roadmap transformasi digital dilaksanakan dengan baik oleh Kominfo agar bisa menyiapkan fondasi kehidupan bernegara dan bermasyarakat. Ini dalam rangka mendorong kemampuan negara kita, resiliensi bangsa kita dan kemampuan adaptasi negara kita, masyarakat kita untuk masuk ke era digital,” ucapnya.

Menurut Menteri Johnny, secara global pandemi Covid-19 mengakibatkan kegentingan, kegawatan, dan kecemasan yang muncul termasuk berdampak ke sektor ekonomi.

Oleh karena itu, terjadi kontraksi ekonomi dunia dan Indonesia, dengan pemanfaatan ruang digital yang semakin luas, sektor informasi dan komunikasi khususnya di Indonesia justru bertumbuh dengan baik.

“Tentu atas hasil dari respon cepat seluruh komponen bangsa kita, baik pemerintah maupun masyarakat, atas respons dan kemampuan adaptasi yang luar biasa dari bangsa kita,” tandasnya.
 
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA