Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gunung Semeru Kembali Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 200 Meter

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Senin, 03 Januari 2022, 15:11 WIB
Gunung Semeru Kembali Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 200 Meter
Abu berwarna kelabu teramati saat terjadi erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (3/1)/Net
rmol news logo Gunung Semeru kembali menunjukkan aktivitasnya dengan mengeluarkan vulkanik Senin (3/1) pukul 12.25 WIB.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan catatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) kolom abu teramati kurang lebih 200 meter di atas puncak gunung. Untuk awan panas guguran dengan intensitas tebal menuju ke arah tenggara.

"Aktivitas gunung api setinggi kurang lebih 3.976 mdpl itu terekam di seismogram dengan aplitudo maksimal 25 milimeter (mm) dan durasi 1.260 detik," demikian keterangan Muhari, Senin (3/1).

Merespon fenomena tersebut, PVMBG mengeluarkan rekomendasi sesuai dengan level aktifitas III (Siaga) agar masyarakat tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi).

Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

PVMBG juga meminta agar tidak ada aktivitas dalam radius 5 Km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar).

Masyarakat juga diimbau mewaspadai potensi awan panas guguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunungapi Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA