Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Sungai Way Meluap Akibat Hujan Lebat, 150 KK Terdampak Banjir di Kabupaten Lampung Timur

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 30 Desember 2021, 22:57 WIB
Sungai Way Meluap Akibat Hujan Lebat, 150 KK Terdampak Banjir di Kabupaten Lampung Timur
Rumah warga di Lampung Timur yang terdampak banjir akibat intensitas hujan yang tinggi dan memicu air Sungai Way meluap pada Kamis (30/12)/Repro
Curah hujan yang tinggi mengakibatkan ratusan rumah warga di Kabupaten Lampung Timur terdampak banjir.
 
Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menerangkan, ada sebanyak 150 KK (Kepala Keluarga) yang terdampak banjir.

"Di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung terdampak banjir," ujar Abdul Muhari dalam keterangannya pada Kamis malam (30/12).

Abdul Muhari menjelaskan, banjir tersebut bukan hanya diakibatkan hujan dengan intensitas tinggi, tetapi juga karena air Sungai Way meluap.

"Laporan yang diterima Pusdalops BNPB, selain merendam 150 rumah warga, banjir juga menyebabkan beberapa akses jalan terganggu hingga hanya dapat dilalui kendaraan roda empat," paparnya.

Hingga malam ini, Abdul Muhari menyatakan belum ada laporan jumlah pengungsi. Namun petugas dari BPBD Kabupaten Lampung Timur tetap siap siaga mengantisipasi jika terjadi banjir susulan.

Lebih lanjut, dia memastikan BPBD Provinsi Lampung juga terus melakukan upaya mitigasi kepada warganya, terlebih adanya informasi peringatan dini dari BMKG yang berlaku mulai 30 Desember 2021 pukul 07.00 WIB hingga 31 Desember 2021 pukul 07.00 WIB.

"Adapun peringatan dini tersebut adanya potensi dampak hujan lebat yang dapat mengakibatkan banjir atau banjir bandang di wilayah Provinsi Lampung dengan status Waspada," tutup Abdul Muhari.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA