Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hanya Lulusan STM, Warga Lamongan Mampu Merakit Pesawat hingga Dibeli Pemerintah Republik Ceko

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 15 Desember 2021, 18:12 WIB
Hanya Lulusan STM, Warga Lamongan Mampu Merakit Pesawat hingga Dibeli Pemerintah Republik Ceko
Pesawat terbang buatan Heri Suyanto dalam proses rakit di halaman rumahnya di Lamongan/RMOLJatim
rmol news logo Meski hanya lulusan STM, seorang warga Lamongan, Jawa Timur, mampu membuktikan diri kemampuannya dalam merakit pesawat terbang. Sejauh ini, sudah 3 pesawat terbang yang telah dirakit. Di antaranya sudah dibeli Pemerintah Republik Ceko.

Adalah Heri Suyanto, warga Dusun Tronggolonggong, Desa Sumberagung, Kecamatan Modo, Kabupaten Lamongan, yang mampu merakit pesawat terbang sendiri.

Saat ini Heri tengah menyelesaikan pesawat pesanan TNI AU yang dirakit sendiri di pelataran rumahnya di Lamongan. Dalam beberapa hari ke depan, pesawat tersebut sudah selesai dirakit.

Sementara, dua pesawat hasil rakitannya sudah laku terjual dan dibeli oleh Pemerintah Republik Ceko tahun lalu.

"Ya sudah bisa memproduksi tiga pesawat, satu dibeli oleh TNI AU dan dua lainnya sudah laku terjual dan dibeli oleh Pemerintah Republik Ceko," terang Heri Suyanto kepada Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (15/12).

Heri yang hanya lulusan Sekolah Teknik Menengah (STM) mengaku, keterampilan dalam membuat pesawat terbang ia dapatkan saat masih bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri.

Heri memang pernah bergabung di salah satu perusahaan pembuatan pesawat terbang di Republik Ceko. Setelah tak lagi menjadi TKI ia kembali ke Indonesia dan menetap di Ciamis, Jawa Barat.

Di Ciamis, Heri kemudian mencoba merakit sejumlah komponen pesawat terbang yang sebelumnya ia beli dari luar negeri. Dua pesawat terbang mampu dirakitnya selama menetap di Ciamis.

"Karena sudah memiliki pengalaman dalam membuat pesawat terbang akhirnya saya mencoba merakitnya di Indonesia, dan ternyata pesawat buatan saya laku dibeli pemerintah Republik Ceko," terangnya.

Kemudian Heri kembali ke Lamongan, untuk kemudian merakit lagi satu unit pesawat pesanan dari TNI AU.

"Untuk pesawat yang saya rakit sendiri di Lamongan ini, kita bawa dari Ciamis dengan diangkut truk. Kenapa saya rakit di Lamongan? Saya ingin memberikan motivasi kepada anak-anak muda bahwa orang Indonesia juga bisa membuat pesawat terbang sendiri," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA