Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prihatin Kondisi Anak-anak Terdampak Erupsi Semeru, Erick Thohir Bakal Berikan Beasiswa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 13 Desember 2021, 06:53 WIB
Prihatin Kondisi Anak-anak Terdampak Erupsi Semeru, Erick Thohir Bakal Berikan Beasiswa
Menteri BUMN Erick Thohir mengunjungi pengungsi erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur/Net
rmol news logo Anak-anak yang orangtuanya meninggal karena jadi korban bencana awan panas guguran Gunung Semeru boleh sedikit menarik napas lega. Sebab, pendidikan mereka tetap terjamin.

Mereka akan mendapatkan beasiswa dari Yayasan BUMN.

"Kami ikut prihatin anak-anak yang kehilangan orang tuanya karena bencana Semeru dan mereka akan mendapatkan beasiswa," kata Menteri BUMN Erick Thohir saat mengunjungi pengungsi erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (12/12).

Ditambahkan Erick, anak-anak harus tetap kembali ke sekolah untuk masa depannya. Sehingga Kementerian BUMN memberikan bantuan sebanyak 2.500 alat sekolah kepada anak-anak yang terdampak bencana Gunung Semeru.

"Saya minta pihak Yayasan BUMN menghimpun data untuk memberikan beasiswa kepada anak yatim piatu yang terdampak bencana Semeru karena program jangka panjang untuk pendidikan sangat penting bagi mereka," ujarnya.

Kunjungan Erick ke Kabupaten Lumajang ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo yang telah lebih dulu meninjau lokasi terdampak awan panas guguran di lereng Gunung Semeru beberapa hari lalu.

"BUMN juga akan membangun sarana mandi cuci kakus (MCK) dan sudah disurvei lokasinya, kemudian realisasi rumah juga menjadi bagian dari instruksi Bapak Presiden, sehingga kami akan menindaklanjuti sesuai arahan Presiden," papar Erick.

Dirinya menilai bantuan bahan pokok dan pangan untuk warga terdampak bencana Gunung Semeru sudah berlimpah, sehingga pihak BUMN fokus untuk bantuan jangka panjang seperti pendidikan.

Ditemani Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati, Erick juga berkunjung ke lokasi Perhutani yang akan dijadikan tempat relokasi dan permukiman baru bagi masyarakat yang terdampak erupsi Semeru.

Soal relokasi rumah warga, Erick mengaku sudah berkomunikasi dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. Namun sesuai dengan proses administrasi maka pihaknya bersama KLHK menunggu surat dari Bupati dan Wakil Bupati Lumajang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA