Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Atas Rata-rata, Indeks Perilaku Antikorupsi di Salatiga Capai 3,86

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 09 Desember 2021, 12:35 WIB
Di Atas Rata-rata, Indeks Perilaku Antikorupsi di Salatiga Capai 3,86
Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia di Kota Salatiga/RMOLJateng
rmol news logo Warga Kota Salatiga, Jawa Tengah, patut berbangga. Pasalnya, menurut data Badan Pusat Statistik, Indeks Perilaku Antikorupsi Tahun 2020 Kota Salatiga berada di angka 3,86.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Atau di atas rata-rata IPK 3,5.  Hal ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Salatiga dalam budaya antikorupsi sudah cukup baik," kata Walikota Salatiga, Yuliyanto, saat memimpin Apel Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) di Pemkot Salatiga, Kamis (9/12).

Meski Indeks Perilaku Antikorupsi pemerintah Kota Salatiga sudah cukup baik, Walikota mengingatkan bahwa hal ini tetap membutuhkan komitmen bersama untuk terus meningkatkan nilai dan budaya anti korupsi.

Sebab, semakin tinggi nilainya, semakin baik dan semakin bersih sebuah masyarakat dari budaya korupsi.

"Untuk itu, Oemerintah Kota Salatiga terus meningkatkan komitmen untuk menciptakan budaya yang bersih melayani dan bebas korupsi," tegas Yulianto, dikutip Kantor Berita RMOLJateng.

Ada beberapa langkah ditempuh Pemkot Salatiga dalam kampanye menciptakan budaya yang bersih melayani dan bebas korupsi. Antara lain penerapan iklan yang dibaca, melaksanakan tes CPNS dengan sistem CAT, dan melaksanakan program melalui koordinasi dengan komisi pemberantasan korupsi KPK.

"Langkah-langkah tersebut sebagai upaya menyebarluaskan semangat antikorupsi inspektorat daerah dalam melaksanakan kegiatan lomba," ucap Yulianto.

Sementara, kegiatan peringatan Hakordia tingkat Kota Salatiga pada 9 Desember dengan menggelar Apel Luar Biasa dihadiri pula kalangan Forkopimda se-Salatiga, Kepala OPD terkait serta tamu undangan dari kalangan Pelajar, Tokoh masyarakat serta Tenaga pendidik.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, Indeks Perilaku Antikorupsi Tahun 2021 mencapai 3,88.

Pada skala 0 sampai 5, angka ini lebih baik dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 3,84. Hal ini menunjukkan meningkatnya pemahaman dan penilaian masyarakat terhadap perilaku anti korupsi persepsi korupsi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA