Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Tanah Longsor di Kabupaten Toraja Utara Akibatkan 1 Orang Meninggal Dunia

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 01 Desember 2021, 21:48 WIB
Tanah Longsor di Kabupaten Toraja Utara Akibatkan 1 Orang Meninggal Dunia
Tanah longsor di Toraja Utara akibatkan 1 orang meninggal dunia/Ist
Bencana tanah longsor kembali menelan korban jiwa dan kerusakan rumah warga. Kali ini kejadian tersebut menerjang wilayah Kabupaten Toraja Utara di Provinsi Sulawesi Selatan.
 
Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, peristiwa ini merupakan pertama kali diterima Pusdalops BNPB di awal Desember 2021.

Dijelaskan Muhari, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Toraja Utara melaporkan 1 warganya meninggal dunia. Peristiwa ini terjadi di Desa Karua, Kecamatan Balusu, Toraja Utara, pada Rabu (1/12), pukul 16.30 waktu setempat.

Selain korban meninggal, 5 warga lainnya mengalami luka ringan dan telah mendapatkan perawatan medis. Sebanyak 20 KK di desa tersebut terdampak longsor.

BPBD juga mengidentifikasi 2 unit rumah warga mengalami rusak berat.

Meskipun beberapa warga rumahnya tidak terdampak langsung, sebanyak 8 KK atau 20 jiwa mengungsi sementara ke rumah kerabat terdekat.

Kata Muhari, identifikasi lokasi terdampak sebagai upaya antisipasi dampak longsor susulan di sekitar lokasi terdampak.

Muhari menjelaskan, kondisi di lokasi masih terjadi hujan ringan dan petugas BPBD bersiaga untuk mengantisipasi potensi longsor susulan.

Sejauh ini, BPBD menginformasikan jaringan listrik di lokasi kejadian masih padam dan akses jalan di sekitar lokasi masih tertutup material longsor.

Menurut petugas BPBD Kabupaten Toraja Utara, kejadian ini terjadi setelah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur wilayah Kabupaten Toraja Utara serta kondisi tanah labil.

Imbasnya, gerakan tanah tidak dapat dihindari sehingga menimpa 2 unit rumah hingga terbawa material longsor.

ARTIKEL LAINNYA